5 Langkah Praktis untuk Membuat Rambut Lebih Sehat Berkilau

fitriandiani03 Des 2018, 15:00 WIB
Rambut

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut yang sehat dan berkilau tentu bisa meningkatkan penampilan. Tapi, kadang rambut sehat berkilau tersebut tak datang begitu saja.

Perlu usaha dan perawatan maksimal agar rambut mencapai titik terbaiknya. Perawatan secara berkala di salon maupun di rumah harus dilakukan dengan konsisten. Plus, ketahui cara memperlakukan rambut dengan baik!

Pengin rambut sehat berkilau? Setidaknya, mulailah dengan melakukan kebiasaan berikut ini di rumah setiap hari.

1. Biarkan rambut tergerai saat keramas

Tanpa disadari, mengumpulkan rambut di atas kepala saat keramas seperti sudah jadi sebuah kebiasaan yang dibenarkan. Padahal sebetulnya cara seperti itu bisa membuat ujung rambut kering karena minyak dari pangkalnya tidak turun ke bawah. Rambut juga mudah kusut dengan cara demikian.

 

2. Bedakan sisir dan brush

Rambut Rusak dan Kering
Ilustrasi Foto Rambut Rusak dan Kering (iStockphoto)

Sisir dan brush adalah dua alat styling yang berbeda. Saat basah, pakai sisir yang bergigi jarang untuk merapikan rambut agar tidak kusut. Setelah kering, baru sempurnakan dengan brush!

3. Ganti handuk dengan t-shirt

Gesekan antara handuk dengan rambut juga bisa memicu kerusakan seperti melemahkan kutikula dan membuatnya mudah patah. Pakai t-shirt katun untuk mengeringkan rambut dengan cara memerasnya.

 

4. Diet lemak baik

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan. (Foto: unsplash)

Kacang-kacangan, alpukat, dan salmon adalah beberapa contoh lemak baik. Konsumsi jenis makanan tersebut sesering mungkin agar rambutmu merasakan khasiatnya.

5. Pakai sarung bantal sutra

Tidur di bantal yang berbahan katun bisa menyerap kelembapan alami rambut. Jadi, sangat mungkin kamu akan bangun tidur dengan keadaan rambut yang kering, Nah, kalau ingin rambutmu tetap lembap dan cantik saat bangun tidur, pakailah sarung bantal berbahan sutra!

Lanjutkan Membaca ↓