Sukses

Beauty

Pentingnya Self-Empowerment bagi Perempuan, Begini Kesan Maudy Ayunda

Fimela.com, Jakarta Kecantikan dan kelebihan seorang perempuan tak hanya sebatas pada penampilan luarnya saja. Namun jauh lebih dari itu, mereka memiliki segudang talenta dan keahlian dalam berbagai bidang. Sebagai merek body care favorit di Indonesia, LUX sangat mempercayai hal tersebut.

Maka dari itu, LUX ingin mengajak para perempuan untuk makin percaya diri bahwa mereka lebih dari apa yang terlihat. Guna menyebarkan pesan tersebut, LUX menjalin kolaborasi dengan Maudy Ayunda, seorang penyanyi dan pemain film muda yang sangat menjunjung woman empowerment.

"Sebagai musisi aku merasa punya platform untuk menyebarkan pesan itu. Aku juga ingin karya-karyaku punya pesan positif. Makanya aku nulis (lagu) I Am More," ujar Maudy, saat menjadi pembicara dalam talkshow Woman Empowerment di Fimela Fest 2018, di Main Atrium Mal Gandaria Jakarta, Sabtu (17/11/2018).

Menurutnya, self-empowerment sangat penting dimiliki oleh seorang perempuan. Perempuan harus kuat menghadapi berbagai situasi dan keadaan lingkungan yang sering kali menghambat mereka untuk menggapai mimpi.

"Sepertinya sejak lahir, perempuan sering menghadapi berbagai situasi yang membuat kurang percaya diri dan enggak bisa mencapai mimpi. Kita harus kuat melawan (situasi itu) dan sesama perempuan juga harus saling mengingatkan. Kita harus nunjukkin kalau kita lebih dari itu," ucap Maudy.

Hal serupa juga disampaikan Neysa Harwina, pemenang kompetisi LUX Music Challenge. Menurutnya, perempuan masa kini tak hanya harus pintar dalam hal akademis saja. Mereka juga harus percaya diri dan berani mencoba hal baru dan yang terpenting mereka harus menjadi diri sendiri.

Nesya pun pernah merasa ingin menyerah menggapai mimpinya sebagai musisi. Namun, ia berpikir kembali bahwa ia sudah melalui perjalanan panjang untuk sampai ke titik seperti sekarang. Sehingga bakal sangat disayangkan kalau ia memilih untuk menyerah.

Lingkungan Berperan Penting

Siapa sangka, seorang Maudy Ayunda merupakan sosok pemalu dan tak percaya diri saat masih kecil. Dirinya tak berani tampil di depan orang banyak.

"Dulu aku super minder, enggak mau nyanyi (di depan orang banyak)  meski suka nyanyi. Pokoknya, di tengah keluarga aku itu anak yang pendiam dan kuper," kata Maudy.

 

Lalu, bagaimana caranya ia bisa jadi percaya diri seperti sekarang? Menurut Maudy, faktor lingkungan yang berperan besar membantunya jadi lebih percaya diri.

Ia menempuh pendidikan di sekolah yang siswanya sedikit sehingga pertemanannya sangat solid dan saling mendukung. Lambat laun, Maudy pun mulai berani tampil di hadapan mereka. Dara kelahiran 19 Desember 1994 itu pun mulai percaya diri menyanyi, bermain teater, dan bermain basket di depan teman-temannya.

"Penting banget kita menemukan lingkungan di mana kita bebas menjadi diri sendiri," ujar Maudy.

Lanjutnya, jangan sampai kita fokus mencari persetujuan dari orang lain karena kita cenderung akan tidak menjadi diri sendiri. Di era media sosial seperti sekarang ini, kecenderungan untuk membandingkan diri dan mencari 'likes' dari orang lain kian bertambah besar.

"Itu bahaya banget. Menurut aku penting banget untuk jadi seseorang yang original dan organik. Tunjukkin kalau kita lebih dari apa yang terlihat dan bisa melakukan banyak hal," ucap Maudy.

Dirinya juga mendorong para perempuan untuk mencoba berbagai aktivitas hingga menemukan passion mereka. Maudy sendiri bisa menjadi lebih percaya diri karena menemukan dunia yang dapat mengapresiasi talentanya, yaitu bernyanyi dan akting.

"You have to invest in yourself. Contohnya, semua proyek yang aku jalani (film dan lagu) itu bikin aku lebih PD karena aku nemu dunia yang bisa mengapresiasi talentaku. Aku jadi mikir kalau ternyata bakatku itu bisa diterima oleh orang lain dan kerja keras itu pasti ada hasilnya," kata dia.

Bagi Maudy, perempuan hebat adalah perempuan yang percaya diri dalam melakukan hal yang disukainya. Entah itu menjadi ibu, pegawai, atau berkarya di bidang apapun.

Makin tak terlupakan, acara istimewa tersebut ditutup dengan kolaborasi manis dari Maudy dan Neysa yang berduet menyanyikan lagu I Am More. Mereka mengajak para perempuan yang hadir untuk percaya bahwa mereka memiliki banyak kelebihan dari apa yang terlihat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading