Kenapa Saat Liburan Sering Bikin Panen Jerawat di Wajah?

fitriandiani06 Des 2018, 17:00 WIB
Kenapa Liburan Sering Bikin Panen Jerawat di Wajah?

Fimela.com, Jakarta Liburan merupakan saat-saat yang menyenangkan, bisa menyegarkan otak yang penat akibat rutinitas padat, bahkan mengeksplorasi tempat dan aktivitas baru. Seharusnya liburan membuat tubuh rileks. Sayangnya, tak jarang di tengah kebahagiaan itu ada satu malah baru yang kerap membuntuti, yakni jerawat.

Lagi bahagia, kok malah timbul jerawat? Ya, karena penyebab jerawat bukan cuma hormon yang mempengaruhi suasana hati. Ada banyak faktor lain, dan "faktor lain" itu yang mungkin membuntutimu liburan.

Menyebalkan, memang. Tapi kalau kamu tahu apa sebabnya, pasti bisa dicegah. Jadi, ketahui dulu apa faktor umum penyebab timbulnya jerawat saat liburan. Simak di bawah ini!

1. Kondisi perjalanan

Perjalanan ketika berlibur tentu bisa sangat berpengaruh. Di darat, perjalanan yang panjang memungkinkan wajahmu memperoduksi minyak berlebih, ditambah dengan kotoran dan kamu yang tak memperhatikan kebersihan. Di udara, perjalanan yang panjang membuat kulit berada pada udara kering hingga kelembapan alami kulit pun terganggu. Atau bisa juga, paparan sinar matahari langsung ke kulit menyebabkan inflamasi sehingga muncullah jerawat di wajah.

 

2 of 2

2. Udara yang berbeda

Ilustrasi liburan
Ilustrasi liburan. (Foto: unsplash.com)

Jika kamu berlibur ke daerah lain yang udaranya berbeda dengan tempat asalmu, perbedaan tersebut patut diperhitungkan sebagai ancaman bagi kulit. Suhu udara itu juga akan mempengaruhi air yang dipakai untuk mandi. Tak heran kalau jerawat bermunculan sebagai reaksi kulitmu menerima sesuatu yang "tak biasa". Ada baiknga kamu cari tahu lebih dalam soal daerah tujuanmu dan persiapkan kulit sebelum berangkat.

3. Makan Sembarangan

Harus diakui kalau liburan sering jadi alasan untuk memakan apa saja demi "mencicipi kuliner lokal". Memang, sayang rasanya kalau mengunjungi sebuah daerah tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Tapi jangan lupa soal jerawat yang bisa muncul sebagai konsekuensi, ya?

4. Tidur Tidak Teratur

Satu alasan lain saat liburan yang bisa jadi pemicu jerawat adalah jadwal tidur. Jam tidurmu sangat mungkin berbeda dari jam tidur biasanya. Ditambah tiga faktor sebelumnya, tak heran kalau pulang liburan kamu panen jerawat!

Lanjutkan Membaca ↓
Ayana Moon
2M Ago

Kulit berminyak Ayana Moon dapat diatasi dengan perawatan praktis ini

Selengkapnya
Ayana Moon
short desc
2M Ago

Sedang mencari pensil alis yang tahan lama, anti air, serta memiliki harga yang terjangkau? Coba cek di sini!

Selengkapnya
short desc
Ilustrasi memakai skincare alami. (unsplash.com/Adrien King).
2M Ago

Tidak hanya dijadikan skincare, face oil ini bisa hasilkan makeup yang glowing.

Selengkapnya
Ilustrasi memakai skincare alami. (unsplash.com/Adrien King).
short desc
2M Ago

Yoga ternyata bisa menyembuhkan jerawat lho, bagaimana caranya?

Selengkapnya
short desc
Perawatan kulit berminyak. (Foto: unsplash)
2M Ago

Ternyata, buah dan sayuran yang sering kita konsumsi, pun bermanfaat baik untuk mengontrol produksi minyak di kulit wajah.

Selengkapnya
Perawatan kulit berminyak. (Foto: unsplash)