Sukses

Beauty

7 Kiat Lindungi Kuku dari Kerusakan

Fimela.com, Jakarta Kuku bisa kuat maupun rentan karena faktor alami dari dalam tubuh, bisa juga karena 'dirusak' oleh faktor-faktor dari luar. Terlepas dari itu semua, kita tetap harus menjaganya tetap sehat agar selalu berada dalam kondisi prima.

Memang, kuku hanya bagian kecil dari tubuh. Tapi bukan berarti kuku tidak penting untuk dirawat. Jika kamu adalah seorang profesional yang kerap bertemu klien, tentu kuku akan sering terekspos kala berjabat tangan di tiap pertemuan.

Nah, untuk jaga kuku tetap sehat dan kuat, kamu perlu melakukan hal-hal ini. Barangkali selama ini kamu menganggapnya remeh temeh, tapi nyatanya hal-hal yang disebutkan ini bisa mempengaruhi kondisi kukumu.

1. Menggunakan sarung tangan

Paparan bahan kimia ataupun suhu ekstrem bisa merusak kesehatan kuku. Jadi, pakai sarung tangan semisal aktivitasmu akan mempertemukan kuku dengan dua faktor tersebut. Misal, saat mencuci tangan, membersihkan rumah, ataupun saat traveling kala winter.

 

 

 

 

2. Jangan dipanjangkan

Kuku yang rusak butuh waktu kurang lebih 3 bulan untuk memperbaiki dirinya sendiri. Selama itu, jangan biarkan kukumu memanjang. Kuku yang panjang bisa memperbesar risiko kerusakan dan membuatnya harus tunggu 3 bulan lagi untuk pulih.

3. Lindungi kuku

Idealnya, manicure secara rutin diperlukan untuk menjaga kuku tetap sehat. Namun jika tidak bisa, pastikan kuku terlindungi dengan base coat setiap saat. Pilih yang diperkaya dengan vitamin agar kukumu tetap ternutrisi.

4. Moisturize!

Bukan cuma kulit yang butuh nutrisi, kuku pun! Mulai sekarang, kapanpun kamu mengaplikasikan hand cream atau losion ke tangan, pastikan kukumu mendapatkannya juga.

5. Gunakan minyak kutikel

Sudah pernah dengar tentang minyak khusus untuk kutikel? Nah, ini juga tak kalah penting dengan perawatan lain untuk kuku. Gunakan minyak kutikel agar kulit di sekitar kuku tetap lembap dan sehat, sehingga kuku pun tumbuh kuat serta berkilau alami.

6. Makan makanan sehat

Apa yang kamu makan akan memberi dampak pada kukumu juga. Perbanyak makan sayur dan buah untuk mendapat lemak sehat serta protein yang dibutuhkan. Minum air putih yang cukup agar kukumu juga terhidrasi.

7. Biarkan kuku beristirahat

Bila kamu selalu menggunakan cat kuku, hentikan segera. Bukan berarti tidak boleh sama sekali menggunakan cat kuku, tapi cat kuku tidak untuk digunakan setiap waktu. Terapkan keenam tips lain untuk tetap sehat dan berikan waktu istirahat dari cat kuku yang teratur untuknya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading