Hindari Melewatkan Makan Sahur Jika Tak Ingin Merugi

Fimela21 Mei 2018, 17:00 WIB
Photo: Copyright Unpopulart/Chyntia Andarinie/Rifa Arhas

Bulan Ramadan telah sampai kepada hari ke lima. Sejauh ini, bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa, masih semangat dan sudah semakin terbiasa dengan ibadah yang satu ini? Dalam hal berpuasa, makan sahur menjadi aktivitas yang sangat penting dan disarankan agar tidak pernah dilewatkan. Walau hanya dengan minum seteguk air atau makan sebiji kurma, makan sahur jangan pernah dilewatkan.

Sahur itu suatu berkah. Maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan meneguk seteguk air, karena sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat atas orang yang bersahur. (HR. Ahmad)

Makan sahur memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Selain agar tubuh kuat menahan lapar dan haus selama seharian saat berpuasa, makan sahur juga bermanfaat membuat pikiran lebih fokus, menyehatkan sistem pencernaan, membantu tubuh mendapatkan nutrisinya dengan baik dan menunjang keberhasilan program diet yang dijalankan.

Seorang ahli nutrisi dari Amerika yakni Rashi Chowdhary mengatakan bahwa makan sahur dengan makanan yang cukup akan memberi tubuh bahan bakar selama setengah hari. Dilansir dari laman The National AE, makan sahur dengan beragam makanan yang kaya nutrisi juga bisa membuat tubuh tetap fit dan bugar selama berpuasa.

Saat sahur disarankan agar memilih makanan yang kaya nutrisi seperti vitamin, protein dan serat. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi karena hal ini hanya akan meningkatkan risiko kegemukan.

Well ladies, pastikan untuk tidak melewatkan makan sahur saat berpuasa. Melewatkan makan sahur hanya akan membuat kamu merugi. Salah satu kerugian paling nyata adalah kamu bakal berbuka puasa dengan porsi berlebih dan ini meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas lebih tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)