Beda Alat Makeup Beda Pula Cara Membersihkannya, Simak Penjelasannya di Sini

fitriandiani13 Des 2018, 17:00 WIB
Beda Alat Makeup Beda Pula Cara Membersihkannya, Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Semakin ke sini, produk makeup semakin beragam. Peralatan yang tersedia pun makin banyak varian dan makin detail menyesuaikan kebutuhan. Di satu sisi tentu itu bisa semakin memudahkan pengaplikasian makeup, tapi jangan lupakan soal perawatannya, lho!

Makin banyak peralatan makeup yang dibutuhkan, makin banyak pula yang harus kamu rawat. Cara penyimpanan dan kebersihannya juga harus dijaga. Jangan sepelekan soal kebersihan karena itu akan memberi dampak langsung pada kulit. Berikut ini tips membersihkan sejumlah alat makeup, simak ya!

1. Sponge

Idealnya, sponge dibersihkan setiap kali habis dipakai. Cukup rendam dengan air hangat dan sabun cair atau sampo, lalu peras sampai sisa riasan yang menempel di sana hilang dan busa serta air rendamannya bersih.

2. Brush

Cukup bersihkan brush seminggu sekali. Gunakan air dingin untuk membasahkan bulunya, jangan sampai ke gagang. Tuang sedikit sampo ke telapak tangan, lalu usap sabun dengan gerakan memutar agar kotoran di kuasnya luruh. Setelah selesai, letakkan di atas handuk bersih semalaman sampai mengering dengan sendirinya. Membersihkan alat makeup yang satu ini memang cukup rumit karena brush yang digunakan juga pasti cukup beragam, kan!

3. Sisir dan hair brush

Tips Agar Rambut Tetap Sehat Meski Terkena Hairdryer Tiap Hari
Paparan panas hairdryer bisa buat rambut rusak, rawatlah dengan cara ini. (Foto: unsplash.com)

Jarang membersihkan hairbrush bisa buat rambut kusam dan kotor meski baru saja selesai keramas. Membersihkan hairsbrush tak cukup dengan mengangkat rambut yang menempel, pakai air hangat dan shampo untuk membersihkannya. Tuangkan air hangat dan sampo tersebut dalam wadah yang cukup besar untuk merendam sisir dan hair brush-mu, lalu gunakan sisir/hair brush untuk melakukan gerakan seperti mengocok telur agar kotorannya terlepas dari dasar sisir/hair brush.

4. Rautan pensil alis

Jika kamu pengguna pensil alis konvensional dan sering menggunakan rautan, jangan lupa untuk membersihkannya! Bakteri yang menempel di sana akan mudah 'menular' ke alat makeup-mu yang lain, itulah sebabnya rautan harus selalu dibersihkan dengan kapas dan alkohol setelah digunakan.

5. Penjepit bulu mata

penjepit bulu mata
(foto: thelist.com)

Penjepit bulu mata seringkali kotor dengan sisa-sisa maskara yang mengering, bahkan bulu mata yang rontok dan turut menempel. Itu semua akan berinteraksi jarak dekat dengan mata, apa kamu tidak takut? Hii! Bersihkan penjepit bulu mata sering-sering dengan menggunakan cutton pad dan alkohol untuk menyingkirkan bekas maskara dan bulu mata yang menempel. Setelah itu baru bilas dengan air dingin.

6. Flat/curl iron

Sesekali alat styling rambut ini juga perlu dibersihkan. Produk yang dikenakan di rambut bisa meninggalkan residu dan menyebabkan malfungsi, atau lebih parahnya, jadi lengket dan merusak rambut. So, bersihkan paling tidak seminggu sekali dengan menggunakan kapas dan alkohol. Tidak perlu dibilas, cukup lap dengan handuk basah dan setelah selesai lap lagi dengan handuk kering.

Lanjutkan Membaca ↓