Sukses

Health

Tips Diet saat Puasa: Turun 5-10 Kg Selama Bulan Ramadan

Bulan Ramadan telah di depan mata, kini saatnya bagi kita untuk mempersiapkan diri untuk melakukan ibadah puasa. Selain sebagai ibadah, puasa juga dimanfaatkan sejumlah orang untuk melakukan diet. Dengan menahan makan dan minum, beberapa orang berharap dapat membantu menurunkan berart badan. Namun, perlu diketahui, meski pun tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam, kamu perlu untuk memperhatikan asupan saat berbuka dan sahur.

Karena percuma ketika menjalankan puasa, ketika kamu berbuka dan sahur mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan dapat meningkatkan berat badan. Well, bagaimana cara menurunkan berat badan selama puasa berlangsung? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Berpuasa seharian membuat tumbuh mungkin terasa lemas dan tidak berenergi. Hal tersebut terjadi karena tubuh tidak cukup menerima asupan. Ya, konsumsi beberapa makanan bernutrisi serta hindari mengonsumsi makanan atau minuman manis yang berlebihan.

Kondumsi gula berlebihan saat perut kosong akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Dengan mengonsumsi gula berlebihan akan meningkatkan berat badanmu. Jika mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah banyak, pada saat berbuka atau sahur, dapat menyebabkan menimbun banyak lemak dalam perut.

2. Konsumsi Protein dan Serat

Mengonsumsi makanan yang megandung protein dan serat sangat dianjurkan saat berpuasa. Protein dan serat pada makanan dapat menahan perut terasa kenyang lebih lama. Sehingga saat buka puasa tiba, mengonsumsi makanan secara berlebihan akan terhindari.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih dapat menghidrasi tubuh saat kekurangan cairan selama berpuasa. Air putih lebih menyehatkan dibanding dengan jenis minuman lain, seperti jus, es krim, kolak, dan lainnya.

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, cairan dalam tubuh akan lebih seimbang dan melancarkan sistem pencernaan. Idealnya, minum air putih sebanyak 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, 3 gelas satelah tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur.

4. Makan Secukupnya

Banyak makan dan minum saat berbuka puasa merupakan hal yang lumrah. Hal itu boleh saja dilakukan untuk kebahagiaan diri. Namun, ada baiknya untuk memerhatikan porsi saat makan.

Jika tidak seimbang, akan menyebabkan kegemukan dan kegagalan pada program diet. Selain itu, makan secara perlahan juga perlu diperhatikan. Saat berbuka puasa, ada baiknya untuk menyantap makanan ringan terlebih dahulu. Seperti buah, puding, kacang-kacangan dan sebagainya. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan mengonsumsi makanan berat sebagai hidanagn utama.

5. Berolahraga

Olahraga saat puasa merupakan salah satu tips diet saat berpuasa. Puasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Kita dapat melakuka olahraga ringan, atau cukup melakukan pemanasan seperti jalan kaki, atau melakukan latihan fisik saat setelah berbuka.

Well, apakah Sahabat Fimela siap untuk menjalankan program diet selama bulan puasa yang akan datang? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading