Fakta Kesehatan Pentingnya Menghapus Makeup Mata Sebelum Tidur!

Fimela05 Jun 2018, 17:00 WIB
Kesehatan mata/copyright Shutterstock.com

Sebagai wanita yang sering menggunakan riasan mata untuk rutinitas sehari-hari, memang sudah seharusnya menghapus riasan wajah termasuk mata sebelum tidur. Bukan hanya berpengaruh pada kondisi kesehatan kulit, namun juga kesehatan mata.

Ada banyak dampak buruk yang bisa terjadi jika membiarkan makeup mata tidak dihapus. Seperti dilansir allure.com, ternyata tidur dengan masih mengenakan riasan mata justru bisa memicu kebutaan.

Penelitian dari American Academy of Ophthalmogy memaparkan sebuah fakta tentang seorang wanita berusia 50 tahun yang mengunjungi dokter mata setelah merasakan sakit dan iritasi pada matanya.

Alasan pentingnya menghapus riasan mata/copyright Shutterstock.com

Ketika dokter melakukan cek kesehatan pada kelopak matanya, ditemukan kondisi aneh yang disebut concreations yang merupakan gumpalan dari akumulasi maskara yang digunakannya sejak 25 tahun silam. Residu maskara yang tak bersih sempurna menumpuk dan menggumpal di balik kelopak matanya.

Penumpukan gumpalan residu itu menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata wanita tersebut dan hal ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen. Untungnya, residu tersebut bisa dibersihkan, yaitu dengan menjalani prosedur selama 90 menit sehingga penglihatan wanita tersebut bisa diselamatkan.

Itulah mengapa, sebaiknya wanita sangat perlu hati-hati untuk menggunakan riasan mata dan selalu memastikan membersihkan makeup dan tidak menyisakan makeup sebelum tidur.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)