Cara Agar si Kecil Tidak Takut Lagi Periksa Kesehatan Gigi ke Dokter Gigi

Fimela07 Jun 2018, 12:54 WIB
copyright pexels.com

Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang harus dijaga kebersihan serta kesehatannya dengan semaksimal mungkin. Selain rutin menggosok gigi, menghindari makanan dan minuman yang merusak gigi, penting juga bagi kita maupun keluarga untuk memeriksakan kesehatan gigi secara rutin ke dokter gigi.

Sayangnya, anak-anak sering kali merasa takut dan menghindar setiap kali diajak pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan giginya. Dilansir dari laman Liputan6.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan mom untuk membujuk anak agar mau pergi ke dokter gigi. Cara tersebut antara lain adalah:

Ajak Anak ke Dokter Gigi Sejak Sedini Mungkin
Cara ini tidak hanya membuat anak nyaman saat pergi ke dokter gigi. Ini juga membuat mereka terbiasa dengan memeriksakan giginya tanpa rasa takut sedikit pun. Disarankan, mom mengajak anak ke dokter gigi saat ia pertama tumbuh gigi atau usianya 1 tahunan.

Beri Anak Dukungan Penuh
Seberani atau sebandel apapun anak, bisa dipastikan bahwa saat mereka diperiksa oleh dokter gigi mereka akan panik, waswas atau cemas. Untuk mencegah perasaan was-was ini, orang tua sangat penting memberikan dukungan penuh yakni dengan berada di dekatnya saat menjalani pemeriksaan.

Beri Anak Pandangan Positif Mengenai Pemeriksaan Gigi
Sebisa mungkin, hindari menakut-nakuti anak mengenai pemeriksaan gigi. Jangan menyebut suntik atau obat di hadapan anak. Sebaliknya, beri tahu anak bahwa memeriksakan gigi akan membuat giginya sehat, kuat dan terawat. Katakan pada anak bahwa semuanya akan baik-baik saja dan tak ada yang perlu ditakutkan dari pemeriksaan gigi atau dokter gigi.

Biasakan Anak Pergi ke Dokter Gigi
Saat mom, ayah atau anggota keluarga lain memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin, ajak anak ikut serta. Ini sebagai langkah awal mengajarkan anak latihan pergi ke dokter gigi dan memahami betapa pentingnya memeriksakan kesehatan gigi. Ini juga akan membuat anak terbiasa memeriksakan diri ke dokter gigi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua agar si kecil takut lagi untuk melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi. Semoga cara ini bermanfaat dan kita semua senantiasa diberikan gigi serta mulut yang bersih lagi sehat.




(vem/mim)