Suka Terjebak Lagu Remaja Meski Usia Sudah 30-an? Ini Alasannya!

Fimela22 Jun 2018, 17:00 WIB

Pernahkah kamu merasa lebih suka mendengarkan lagu-lagu zaman dulu saat kamu amsih remaja? Sepertinya kamu merasa lagu zaman dulu lebih enak didengar dan menimbulkan perasaan unik tersendiri.

Hal ini tidak dirasakan satu dua orang saja lho. Ternyata banyak orang mengalami dan merasakan hal yang sama terhadap lagu-lagu di masa remaja mereka. Hal ini bisa dijelaskan lho. Seperti dilansir dari Business Insider, Kamis (20/6/2018), layanan streaming Deezer melakukan penelitian pada 1.000 orang dan menemukan 'kelumpuhan musik' mulai usia 30 tahun.

Kebanyakan orang berusia 30-an justru enggan mendengarkan atau mencari tahu lagu-lagu terbaru. Penyebabnya adalah kewalahan atau kelelahan karena rutinitas. Dibanding mencari dan mendengarkan lagu baru, mereka cenderung lebih nyaman mendengarkan lagu-lagu lama di masa remaja mereka.

Penelitian yang diterbitkan New York Times awal tahun ini menemukan bahwa lagu yang saat ini didengar para remaja, akan lebih disukai mereka satu dekade kemudian.

Musik zaman dulu bisa menimbulkan nostalgia/copyright Pexels.com/Burst

Penelitian lain yang dikemukakan Memory and Cognition Journal menyebutkan bahwa nostalgia mempunyai peran besar mengapa kita mendengarkan musik yang sama saat remaja di usia 30-an. Musik adalah cara ampuh untuk memutar kembali ingatan atau perasaan.

Jadi jangan heran jika kemudian kamu merasa lebih menyukai dan merasa familiar dengan lagu-lagu zaman dulu ketika sebuah lagu lawas diputar, karena kemungkinan itu memiliki kenangan tersendiri dalam hidupmu dan membuatmu bernostalgia tentang masa mudamu.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)