Gigi Ngilu & Sakit Karena Berlubang? Begini Cara Meredakannya Tanpa Obat

Fimela23 Jun 2018, 10:00 WIB

Sakit gigi menjadi salah satu masalah kesehatan yang tak hanya mengganggu kenyamanan tetapi juga bikin perasaan makin jengkel, mudah marah dan sangat kesal. Ketika sakit gigi, bawaannya hanya ingin tidur di tempat yang tenang, tidak berisik dan nyaman. Adanya suara sedikit saja sepertinya menambah rasa sakit yang ada.

Untuk makan dan minum pun kamu harus sangat hati-hati. Salah menggerakkan rahang bisa membuat gigi terasa makin sakit dan ngilu. Melansir dari laman health.com, ada banyak hal yang menjadi penyebab dari sakit gigi. Dan penyebab yang paling sering adalah masalah gigi berlubang.

Lantas ketika gigi terasa ngilu dan sakit karena masalah gigi berlubang, apa yang harus kamu lakukan untuk meredakannya? Haruskah kamu segera minum obat? Inilah cara meredakan sakit dan ngilu pada gigi karena masalah gigi berlubang.

  1. Segera sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur jika merasa gigi terasa sakit.
  2. Hindari berbagai makanan dan minuman yang memicu sakit gigi terasa makin parah. 
  3. Berkumurlah dengan air hangat yang diberi larutan garam setidaknya 3 kali dalam sehari. 
  4. Miliki istirahat cukup, tenangkan pikiran dan buat perasaan serileks mungkin. 
  5. Kompres area gigi yang sakit dengan air es. Kamu juga bisa mengompres area pipi, leher atau belakang telinga guna meredakan ngilu dan sakit yang ada. 
  6. Jika dengan langkah-langkah di atas rasa ngilu dan sakit pada gigi tidak juga berkurang, segera periksakan diri ke dokter.

Demi membuat gigi tetap sehat dan jauh dari masalah berlubang, pastikan untuk menjaga kebersihan gigi dengan baik. Pastikan untuk gosok gigi minimal dua kali dalam sehari yakni di pagi dan malam hari sebelum tidur. Hindari berbagai makanan serta minuman yang meningkatkan risiko sakit gigi.




(vem/mim)