3 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memilih Krim Mata

Fimela23 Jun 2018, 14:00 WIB
Krim Mata/Copyright Shutterstock

Berbeda dengan area wajah lainnya, kulit halus di sekitar mata tidak memiliki kelenjar minyaknya sendiri. Akibatnya, kulit di area ini cenderung lebih kering, rapuh, dan cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan yang dapat membuat penampilan wajah menjadi kurang segar. Untuk area ini, perawatan menggunakan pelembap biasa saja tidaklah cukup. Butuh perawatan khusus agar kulit tetap sehat dan terjaga hidrasinya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan krim mata. Memilih krim mata, khususnya bagi seseorang yang baru pertama kali menggunakannya, mungkin akan terasa membingungkan. Nah, berikut ini adalah 3 hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih krim mata.

1. Kandungan Utama Krim Mata

Setiap produk krim mata, tentu diformulasikan dengan kandungan yang berbeda-beda. Namun, krim mata yang memiliki kualitas baik umumnya memiliki kandungan yang sama, yaitu hyaluronic acid dan ceramide. Kedua kandungan ini banyak ditemukan pada krim mata karena memiliki kemampuan untuk mengikat air dan menjaga kelembapan di kulit area mata yang cenderung lebih halus. Selain itu, kandungan anti-oksidan dan skin-restoring ingredients seperti ekstrak tanaman, retinol, niacinamide, peptides, dan fatty acids juga perlu ada dalam kandungan krim mata.

2. Masalah yang Ingin Diatasi

Krim Mata/Copyright Shutterstock

Semua produk krim mata akan menawarkan kemampuan hidrasi yang baik dan membantu menyamarkan garis halus. Namun, jika kamu memiliki masalah yang lebih spesifik, kamu harus lebih peduli lagi dengan kandungan krim mata yang akan kamu gunakan. Misalnya, untuk masalah kantung mata kamu bisa menggunakan krim mata dengan kandungan green tea. Untuk masalah under-eye circle, kamu bisa menggunakan krim mata dengan kandungan kafein, vitamin C, dan vitamin K. Sedangkan untuk masalah keriput, bisa menggunakan krim mata dengan kandungan retinol. Selain mempertimbangkan kandungan yang sesuai dengan masalah yang ingin diatasi, tekstur dari krim mata juga perlu kamu perhatikan. Jika kamu memiliki kulit yang sangat kering, krim mata dengan tekstur yang thick akan terasa lebih nyaman untuk kamu. Sedangkan kamu yang memiliki kulit kombinasi dan berminyak, bisa memilih krim mata dengan tekstur gel atau gel-cream yang lebih terasa ringan di kulit.

3. Kandungan Lain dalam Krim Mata

Jika sudah menemukan krim mata dengan kandungan utama yang dirasa sesuai, jangan lupa untuk mengecek kandungan lainnya, ya! Terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, hindari krim mata dengan kandungan parfum. Baik itu alami atau sintetis, parfum berisiko membuat kulit menjadi sensitif dan dapat menimbulkan reaksi alergi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak menggunakan produk dengan kandungan parfum di kulit sekitar mata kamu.

Selain kandungan parfum, kamu juga perlu memerhatikan kandungan SPF pada krim mata. Untuk hasil yang lebih maksimal, krim mata sebaiknya dipakai di pagi dan malam hari. Nah, untuk krim yang dipakai pagi dan siang hari, pastikan kamu memilih krim mata dengan kandungan SPF 30 atau lebih agar kulit sekitar mata juga terlindungi dengan baik.

Baca juga: Sedang Mencari Krim Mata Asal Brand Korea? Ini 5 Pilihan Produk yang Menarik untuk Dicoba!

(vem/sociolla/apl)