Sukses

Beauty

Ini Alasan Menstruasi Kadang Datang Lebih Cepat atau Lambat

Umumnya wanita memiliki kalender pribadi sebagai penanda datang bulan. Hal ini diperlukan setiap wanita untuk mengetahui apakah tubuh sedang dalam kondisi sehat atau tidak. Terkadang dengan memeriksa kalender datang bulan, kamu juga jadi tahu ternyata menstruasimu datang lebih cepat atau justru terlambat.

Umumnya, siklus menstruasi wanita adalah satu bulan. Siklus menstruasi paling pendek adalah 21 hari dan paling panjang adalah 35 hari. Setiap wanita bisa memiliki siklus menstruasi alami yang berbeda-beda dan bukan hal baru jika wanita bicara mengenai menstruasi yang datang lebih cepat atau lebih awal. Namun kebanyakan wanita tak tahu dan sering bertanya-tanya mengapa menstruasi datang lebih awal.

Ternyata ini bisa dijelaskan lho, ladies. Dilansir dari The Health Site, Kamis (18/6/2018), Dr Maya Lula, konsultan kandungan dan kebidanan di Nanavati Super Speciality Hospital India, mengatakan bahwa ada beberapa alasan mengapa menstruasi bisa datang lebih cepat.

Alasan menstruasi bisa datang lebih cepat atau lambat/copyright Shuttertstock.com

Pikiran yang stres dan gangguan emosional bisa menimbulkan ketidakseimbangan hormon. Konsumsi obat-obatan seperti pil KB atau atau kontrasepsi darurat juga bisa menimbulkan ketidakseimbangan hormon sehingga berpengaruh pada cepat atau lambatnya datang bulan.

Perbedaan sebanyak 5-7 hari dari jadwal biasanya bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, selama tubuh tidak mengalami gejala mencurigakan lainnya. Namun jika lebih dari itu, barulah boleh waspada dan kunjungilah dokter kandungan kamu, Ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading