Sukses

Beauty

4 Fakta Penting Mengenai Menstruasi yang Wajib Pria & Wanita Ketahui

Menstruasi menjadi salah satu hal yang setiap bulan wanita alami. Ini menjadi hal rutin yang tak hanya diketahui pihak wanita tetapi juga diketahui oleh pihak pria. Sama seperti segala sesuatu tentang wanita, menstruasi bukan perkara yang sederhana. Ada banyak fakta menarik di balik menstruasi ini.

Tak hanya penting diketahui wanita itu sendiri, fakta mengenai menstruasi juga penting diketahui oleh para pria karena ini berhubungan erat dengan kehamilan maupun kehidupan hubungan intim.
Melansir dari laman Men's Health, ada beberapa fakta mengenai menstruasi. Apa saja fakta tersebut? Simak yang berikut ini.

Darah Menstruasi Bukan Sembarang Darah
Setiap bulan, endometrium atau dinding rahim wanita mengalami peluruhan. Pada siklus ini, dinding rahim akan menebal untuk mempersiapkan diri menerima sel telur yang sudah dibuahi. Darah menstruasi bukanlah sembarang darah. Ini merupakan darah kotor yang berasal dari rahim karena tidak adanya pembuahan pada sel telur.

Menstruasi adalah hal yang rutin terjadi pada wanita setiap bulannya/copyright iStockphotos.com

Wanita Bisa Tetap Hamil Saat Berhubungan Intim Selama Menstruasi
Nathaniel DeNicola, M. D. Seorang obstetrician dan gynecologist dari Penn Medicine mengungkapkan bahwa tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Karena tidak teraturnya siklus ini, seorang wanita bisa memiliki masa ovulasi atau masa subur yang berbeda antara satu dengan lainnya. Wanita juga bisa tetap hamil saat melakukan hubungan intim selama menstruasi.

Menstruasi Menyebabkan Kram yang Menyakitkan
Jangan heran jika saat menstruasi kamu mengalami kram perut atau pun kram punggung yang sangat menyakitkan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Italia menemukan bahwa hampir 80% wanita mengalami kram perut yang cukup hebat saat menstruasi terutama di hari-hari pertama menstruasi.

PMS dan Wanita
PMS atau yang sering disebut sebagai sindrom pra menstruasi adalah hal yang nyata. Hampir semua wanita mengalami PMS. Karena PMS, suasana hati seorang wanita bisa berubah jadi lebih buruk. Tidak jarang ia menjadi sangat sensitif, mudah marah dan tidak nyaman dengan dirinya sendiri. PMS juga bikin nafsu makan wanita meningkat. Biasanya, PMS terjadi 1 minggu sebelum wanita mengalami menstruasi.

Ladies, itulah beberapa fakta mengenai menstruasi yang penting wanita maupun pria tahu. Gimana nih kalau dengan kamu, mengalami empat fakta ini juga saat kamu mengalami menstruasi? Semoga informasi ini bermanfaat.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading