Katanya Orang Berkacamata Lebih Cerdas, Benarkah?

Fimela17 Jul 2018, 10:00 WIB
Berkacamata/copyright Pexels.com/Nancy Zambrano

Apakah kamu pernah menyadari bahwa kesan cerdas pada seseorang seringkali digambarkan dengan sosok yang berkacamata? Entah itu di film atau serial TV, biasanya karakter orang cerdas adalah yang berpakaian rapi dan berkacamata.

Tapi benarkah anggapan bahwa orang berkacamata itu selalu lebih cerdas? Seperti dilansir dari Independent, ternyata anggapan ini ada benarnya lho. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di University of Edinburgh.

Peneliti mengambil sampel DNA, melakukan kuisioner serta beberapa tes lain pada 300.486 orang dengan rentang usia antara 16-102 tahun, dan menemukan bahwa ada korelasi positif antara penglihatan yang buruk dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi pada seseorang.

Dalam penelitian yang dilakukan pada orang-orang Eropa tersebut menemukan bahwa sekitar 30 persen peserta yang cerdas adalah mereka yang menggunakan kacamata.

Tapi sayangnya, Dr Gail Davies selaku pemimpin penelitian juga mengungkapkan bahwa penelitian ini masih perlu analisis lebih lanjut untuk mengetahui apakah kecerdasan juga berpengaruh pada faktor ras dan genetik sehingga penemuan mereka lebih meyakinkan dan valid.

Hem, kira-kira kamu setuju nggak ladies orang berkacamata memang benar lebih cerdas dari yang tidak berkacamata?

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)