Kandungan Skincare yang Dibutuhkan oleh Kulit Wajah

Fimela17 Jul 2018, 11:00 WIB
Skincare/Copyright Shutterstock

Berbeda dengan kulit kering, dehidrasi akan lebih mudah terjadi saat kulit kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, pastikan produk skin care yang kamu gunakan memiliki kandungan ini, ya!

Sudah rajin menggunakan pelembap, namun kulit tetap terasa kering? Coba cek dulu, jangan-jangan kulit kamu mengalami dehidrasi. Berbeda dengan kulit kering, dehidrasi akan lebih mudah terjadi saat kulit kekurangan cairan. Selain memastikan bahwa kamu sudah mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, penggunaan produk skin care juga dapat menjadi cara ampuh untuk memaksimalkan hidrasi kulit. Namun, jangan sampai asal pilih, ya! Pastikan produk skin care yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan berikut jika ingin hasilnya maksimal!

Shea Butter

Shea butter merupakan lemak alami yang didapat dari ekstrak buah yang tumbuh di pohon shea. Kandungan yang kaya akan vitamin A, E, dan F ini mudah ditemukan pada produk perawatan seperti pelembap, krim, atau lotion. Shea butter kaya akan fatty acid yang dapat membantu kulit tetap lembut, fleksibel, serta terhidrasi secara mendalam. Tak hanya itu, bahan ini juga memiliki humectant yang efektif mengunci kelembapan pada kulit.

Vitamin E

Vitamin E memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya untuk memberikan menghidrasi. Jenis vitamin ini tergolong sebagai sumber anti-oksidan alami yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kering dan iritasi. Kelembapan kulit juga akan lebih terjaga karena kandungan yang satu ini memiliki kemampuan untuk melawan serta menghentikan dampak buruk radikal bebas, sekaligus memperbaiki skin barrier yang berperan penting dalam menjaga hidrasi kulit.

Baca juga: Ingin Mengatasi Komedo? Pastikan Kandungan Berikut Ada dalam Skin Care Kamu

Jojoba Oil

Jika kamu memiliki kulit yang berminyak, acne-prone, dan dehidrasi, jojoba oil dapat menjadi kandungan yang cocok untuk merawatnya. Jojoba oil dapat membantu mengikat cairan pada kulit dan mengontrol produksi sebum berlebih karena konsistensinya menyerupai minyak alami. Dibandingkan dengan jenis minyak lainnya, jojoba oil juga memiliki tekstur yang paling ringan sehingga akan lebih mudah diserap kulit.

Hyaluronic Acid

Jika bicara mengenai kandungan skin care yang dapat memberikan hidrasi maksimal untuk kulit, tentu tidak boleh melewatkan kandungan yang satu ini. Hyaluronic acid memang populer berkat kemampuannya dalam menjaga kelembapan dan hidrasi kulit. Bahan ini tergolong ke dalam humectant yang cara kerjanya menyerupai spons, yakni dapat menyerap cairan, serta membentuk ‘selimut’ yang dapat melindungi kelembapan kulit kamu.

Baca juga: 5 Kandungan yang Kerap Ditemukan dalam Produk Skin Care Korea Ini Katanya Ampuh untuk Atasi Jerawat. Coba Yuk!

Gliserin

Serupa dengan hyaluronic acid, gliserin juga tergolong sebagai humectant yang dapat menyerap cairan dan mengunci kadar air pada permukaan kulit. Gliserin dapat bekerja dengan maksimal jika kamu menggunakannya sehabis kamu mandi atau saat kondisi kulit masih lembap. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, penggunaan gliserin dalam skin care juga dapat menyelamatkan kamu dari tampilan wajah berminyak yang dapat mengganggu penampilan, lho!

(vem/sociolla/apl)