Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung yang Perlu Kamu Tahu

Jerawat di punggung ternyata juga menjadi masalah yang sering dialami orang Indonesia, baik pria maupun wanita. Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab dan bagaimana cara menghilangkan jerawat di punggung? Jerawat punggung atau nama kerennyabacne bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti terlalu sering berolahraga, memakai baju yang basah karena keringat selama berjam-jam, pola makan yang buruk dan lain-lain.

Penyebab jerawat di punggung tidak berbeda dengan jerawat di wajah, yaitu pori-pori yang tertutup oleh minyak serta sel-sel kulit mati. Penyebab jerawat di punggung lainnya adalah hormon, gesekan (misalnya sering pakai tas ransel) dan produk rambut atau kulit yang menutupi pori-pori.

Berikut adalah cara menghilangkan jerawat di punggung yang harus kamu ketahui:

Gantilah Sprei Secara Rutin

Ganti sprei secara rutin demi mengatasi masalah jerawat punggung/copyright shutterstock.com
Apakah kamu termasuk seseorang yang malas mengganti sprei? Seberapa sering kamu mengganti sprei? Sebulan sekali? Enam bulan sekali? Jangan-jangan, kamu sudah lupa kapan terakhir kali mengganti sprei. Malas mengganti sprei secara rutin bisa menimbulkan jerawat punggung. Saat kamu tidur, sebenarnya kamu juga berkeringat dan keringat tersebut terserap oleh sprei.

Lama-kelamaan, bakteri akan bersarang pada sprei sehingga menjadi penyebab jerawat di punggung.  "Tapi aku kan tidur di kamar ber-AC!" beberapa mungkin akan berpikir seperti ini. Jangan salah ladies, tidur di kamar ber-AC bukan berarti tubuhmu tidak mengeluarkan keringat! Karena itu, gantilah sprei sebulan sekali agar punggung bebas dari jerawat.

Saat Lulur dan Mandi, Ingat Bagian Punggung
Cara menghilangkan jerawat di punggung lainnya adalah dengan lulur. Bagian punggung memang sulit dijangkau, tapi jangan lewatkan bagian tersebut saat lulur! Lulur membantu mengangkat sel sel kulit mati di punggung sehingga mencegah jerawat muncul. Lakukan satu atau dua kali seminggu agar punggung menjadi mulus. Selain lulur, pilihlah sabun mandi yang juga ampuh mengusir jerawat punggung.

Saat memakai lulur, ingat bagian punggung/copyright shutterstock.com

Ketahui Bahan-bahan yang Ampuh Mengatasi Jerawat Punggung
Bahan utama yang ampuh mengatasi dan mencegah jerawat di punggung adalah salicylic acid dan benzoyl peroxide. Benzoyl peroxide sangat ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat, jika digunakan setiap hari mampu mengontrol jerawat dan mengurangi kemerahan.

Produk perawatan kulit yang mengandung alpha hydroxy acid  dalam konsentrasi rendah juga sangat baik untuk punggung. Hindari memakai produk yang mengandung petrolatum atau minyak berlebih (misalnya moisturizer) karena justru akan memperparah jerawat di punggung.

Selalu Usapkan Sunblock Pada Punggung
Setelah mengetahui cara menghilangkan jerawat di punggung, jangan lupa usapkan sunblock pada punggung agar bekas jerawat tidak menghitam. Kamu juga bisa memakai produk perawatan kulit yang mengandung hydroquinone, kojic acid, arbutin, niacinamide dan azelaic acid untuk membantu memutihkan bekas jerawat di punggung. Satu lagi yang harus diingat, hindari memencet jerawat punggung.

Well ladies, semoga informasi ini bermanfaat.
Sumber: iPrice Trend



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading