Sukses

Beauty

Kembang Kol Jadi Pengganti Nasi, Berapa Jumlah Karbohidratnya?

Menjalankan diet sehat salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi serat. Salah satu sumber karbohidrat yang seringkali dihindari saat diet adalah nasi putih, karena bukan hanya mengandung karbohidrat sederhana yang mudah diubah jadi lemak, tapi juga rendah kandungan serat.

Itulah mengapa kemudian banyak orang akan mencari makanan pengganti nasi namun masih bisa mengonsumsi karbohidrat sehat. Umumnya makanan pengganti nasi putih adalah nasi merah atau gandum, namun sebenarnya ada alternatif lain makanan pengganti nasi yang juga tidak kalah sehat.

Makanan pengganti nasi ini adalah kembang kol. Seperti diungkapkan di sela-sela diskusi Nutribound 2018 bersama Nutrifood, Jawa Barat. Head of Health Committee Nutrifood, Moch Aldis Ruslialdi SKM CNWC, mengatakan bahwa satu sumber karbohidrat baru yang saat ini sedang banyak digemari penduduk Amerika adalah kembang kol.

Kembang kol jadi pengganti nasi yang lebih sehat/copyright Pixabay.com/congerdesign

Kembang kol bisa dihancurkan namun tidak sampai benar-benar halus, kemudian dijadikan makanan pengganti nasi karena tidak membuat gemuk. Kembang kol jelas lebih sehat daripada nasi putih jika dilihat dari jumlah kalorinya.

Aldin mengungkapkan, jika nasi putih memiliki kalori sebesar 204 kkal dan 89 persennya karbohidrat, maka semangkuk nasi kembang kol, kalorinya hanya 25 kkal dan 71 persennya karbohidrat, ditambah kandungan seratnya yang tinggi.

Jadi, tidak heran jika kemudian banyak orang yang melakukan diet sehat mengganti karbohidrat sehat dan beralih dari nasi putih ke kembang kol.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading