Tahi Lalat Berpotensi Jadi Kanker Kulit, Kenali 5 Tandanya!

Fimela28 Jul 2018, 19:30 WIB
Tahi lalat/copyright Unsplash.com/Rendiansyah Nugroho

Tahi lalat biasanya memang tidak akan mengganggu penampilan jika hanya setitik kecil dan berada di tempat tersembunyi. Namun terlahir dengan tanda lahir tahi lalat juga perlu membuatmu lebih perhatian dengan kesehatan kulit, karena beberapa tahi lalat punya potensi berkembang menjadi kanker kulit.

Dilansir dari Cosmopolitan, ini tanda yang bisa dilihat untuk mengetahui tahi lalat punya potensi menjadi kanker kulit atau tidak.

1. Bentuk asimetris
Jika kamu perhatikan, bentuk tahi lalat yang simetris adalah tanda tahi lalat jinak dan tidak akan berkembang menjadi tumor. Namun jika bentuknya tidak beraturan atau asimetris, apalagi menyadari bahwa semakin membesar, segera periksakan ke dokter.

2. Muncul atau timbul ke atas kulit
Umumnya, tahi lalat yang mati atau tidak bisa berkembang menjadi tumor apalagi kanker kulit adalah yang datar seperti kulit pada umumnya. Namun jika menonjol atau timbul ke atas kulit bisa apalagi teras gatal dan semakin besar, bisa jadi itu gejala melanoma dan sebaiknya segera periksakan.

Kenali tanda tahi lalat bisa jadi kanker kulit/copyright Shutterstock.com

3. Ukurannya besar
Umumnya tahi lalat hanya setitik kecil, bahkan jika ada banyak di beberapa tempat berbeda. Tapi jika tahi lalat yang ditemukan berukuran besar, apalagi semakin lama semakin melebar, ukur diameternya, jika lebih dari 6 mm, sebaiknya berhati-hati karena ini berpotensi tinggi merupakan melanoma.

4. Warnanya yang hitam atau gelap
Tahi lalat yang berwarna makin gelap dari warna sebenarnya juga patut dicurigai apalagi diikuti dengan tanda lain, misalnya makin melebar. Periksakan diri jika ragu apakah itu bisa berkembang menjadi kanker.

5. Terasa gatal atau sakit
Kmau juga perlu waspada jika tahi lalat ternyata menimbulkan rasa gatal atau bahkan nyeri. Karena seharusnya tahi lalat yang mati atau tidak berpotensi menjadi kanker tidak menimbulkan gangguan seperti gatal dan rasa sakit.

Jadi, jika kamu merasakan tanda-tanda di atas dengan tahi lalat yang kamu miliki, jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter, ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)