Sukses

Beauty

5 Langkah Mudah Untuk Merawat Kulit Berjerawat agar Tidak Membekas

Rasanya kesal jika muncul adanya jerawat pada wajah, apalagi jika jerawat itu meninggalkan bekas jerawat yang susah untuk dihilangkan. Seakan-akan kerja kerasmu menghilangkan jerawat akan membuatmu bekerja keras lagi untuk menghilangkan bekasnya. Namun tanpa kamu sadari ada beberapa hal yang memicu bekas jerawat selain karena menyentuh wajah dengan tangan kotor.

Bekas jerawat disebut juga sebagai peradangan pasca hiperpigmentasi. Penyebabnya adalah karena produksi melanin berlebih, sehingga membuat kulit di area berjerawat akan muncul menjadi gelap atau berwarna hitam. Nah, untuk kamu yang sedang mencari solusi untuk menghindari adanya bekas setelah berjerawat, ada baiknya lakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Selalu jaga kebersihan kulit wajah
Membersihkan wajah tidak hanya mengandalkan double cleanser saja, namun juga hindari hal yang memicu jerawat seperti mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang wajah. Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut, karena bakteri yang hinggap di tangan dapat memicu jerawat menjadi iritasi.

2. Stop gunakan eksfoliator
Kamu bisa menggunakan eksfoliator setelah kulit wajah stabil dan bersih dari jerawat. Selain itu, pening untuk memijat perlahan scrub pada wajah untuk menghindari kulit kering, iritasi, dan memicu jerawat muncul kembali.

3. Lebih baik hindari makeup
Baiknya hindari menutupi jerawat menggunakan primer, concealer, ataupun foundation. Padahal hal itu akan membuat pori-pori kulit tertutupi oleh makeup dan menjadikan kulit semakin bernafas. Untuk itulah baiknya hindari makeup untuk menghindari keadaan jerawat makin parah. 

4. Tetap gunakan sunscreen
Banyak wanita yang memilih untuk tidak memakai sunscreen dengan alasan karena akan membuat kulit berminyak dan tidak nyaman. Padahal, sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari peradangan yang disebabkan oleh polusi, debu, dan paparan negatif sinar UV.

5. Rawatlah kulit wajah setiap saat
Kesalahan yang sering dilakukan adalah hanya fokus saat kulit berjerawat saja. Ketika jerawat mulai hilang, perawatan malah dihentikan. Baiknya tetaplah selalu melakukan perawatan sebelum, selama, dan setelah berjerawat agar jerawat tak kambuh lagi dan agar kulit selalu bersih.

Ada baiknya setelah jerawat mulai hilang, selalu disiplin lakukan kelima hal tersebut untuk mencegah jerawat datang kembali. Selamat mencoba!

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading