Sukses

Beauty

6 Bukti Sederhana Kamu Punya Sifat Perfeksionis

Ada kalanya sifat perfeksionis menjadi kelebihan, namun di sisi lain juga bisa jadi kekurangan. Tergantung seperti apa orang perfeksionis menunjukkan sisi ini dalam kehidupannya.

Masalahnya, terkadang si perfeksionis justru tidak melakukan hal-hal dengan sempurna, inilah mengapa orang perfeksionis cenderung tidak mengira dirinya bersikap perfeksionis. Dilansir dari curiosity.com, Kamis (3/7/2018), berikut ini adalah beberapa tanda yang membuktikan bahwa Anda seorang perfeksionis, penasaran?

1. Berpikir dan bertindak secara ekstrem
Tidak ada ukuran setengah untuk Anda dan ini bukan perilaku yang sehat. Contohnya ketika diet, Anda benar-benar tidak akan makan apapun, kecuali minum air putih, benar?

2. Penundaan
Penundaan mungkin adalah sifat yang paling kontraintuitif dari seorang perfeksionis, namun yang sebenarnya terjadi adalah rasa takut akan kegagalan. Banyak perfeksionis yang menghindari pekerjaan yang tidak menyakinkan.

3. Kesulitan menyelesaikan pekerjaan
Mengapa? Karena ketika mendekati tujuan akhir, Anda akan memikirkan sesuatu yang lain yang akan membuat pekerjaan tersebut lebih baik.

Selain itu, mendasarkan harga diri pada kualitas pekerjaan juga merupakan tanda perfeksionis. Ini benar-benar dapat menghalangi Anda untuk merasa baik-baik saja tentang diri sendiri dan pekerjaan.

Tanda sifat perfeksionis/copyright Unsplash.com/Michael Afonso

4. Pendelegasian
Anda akan memastikan melakukan segala hal sendirian dan hal ini hanya akan semakin membuat stres, karena tanggung jawab yang semakin banyak dan besar.

5. Kesulitan bersosialisasi
Banyak orang perfeksionis kesulitan berteman dengan orang. Mereka membenci penolakan.

6. Memperbaiki kesalahan masa lalu
Satu hal tentang perfeksionis adalah bahwa dari segala hal yang berjalan dengan benar, ada satu hal yang salah dan tidak bisa mereka lupakan dalam waktu yang lama.

Tentunya sifat perfeksionis bukan hal yang perlu disembunyikan, karena jika bisa memanfaatkannya dengan baik, justru akan memberikan kebaikan dalam hidup.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading