Sukses

Beauty

Cari Tahu Efek Buruk pada Kesehatan Tubuh Saat Kamu Berhenti Berolahraga

Rasa malas dan cuaca yang nggak menentu bisa menjadi suatu alasan seseorang untuk nggak berolahraga. Apalagi jika punya banyak waktu karena kesibukan yang padat juga bisa membuatmu nggak sempat berolahraga. Namun ternyata, mengurangi atau berhenti berolahraga sama sekali bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan, lho!

Menurut sebuah jurnal penelitian yang diterbitkan oleh jurnal kesehatan Diabetologia meneliti kondisi kesehatan tubuh 45 responden yang aktif bergerak dan berolahraga selama 28 hari. Kemudian 28 hari ini dibagi lagi menjadi 14 hari pertama mereka mencoba mengurangi secara drastis aktivitas olahraga, dan 14 hari selanjutnya saat para responden kembali aktif berolahraga.

Hasilnya, para responden yang biasanya aktif bergerak dan rutin berjalan lebih dari 10.000 langkah setiap harinya malah mengurangi aktivitas fisik hingga 95% dan lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan duduk diam dan minim bergerak.

Tes kesehatan ini dapat membuktikan bahwa mengurangi aktivitas fisik dan olahraga secara drastis selama 14 hari mengakibatkan dampak buruk berupa penurunan dan gangguan fungsi metabolisme tubuh berupa:

  1. Berkurangnya sensitivitas tubuh terhadap insulin .
  2. Massa otot yang berkurang.
  3. Peningkatan total lemak tubuh dan lemak pada liver, dan peningkatan LDL (kolesterol jahat)
  4. Penurunan fungsi kerja jantung dan paru-paru.

Namun, kabar baiknya setelah 14 hari kedua mereka kembali aktif bergerak dan berolahraga bisa menunjukkan peningkatan dan perbaikan fungsi metabolisme tubuh yang berarti terjadi perbaikan dalam keseluruhan kesehatan tubuh.

Nah, untuk itu jangan pernah malas untuk berolahraga ya, ladies. Jika nggak sempat berolahraga ada baiknya memanfaatkan barang yang ada di sekitar seperti naik tangga, berjalan-jalan saat bertelepon, atau bisa memilih parkir yang agak lebih jauh biar kamu bisa berjalan sebentar. Menjaga kesehatan, enggak harus selalu datang ke gym kok.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading