Sukses

Beauty

Sembuhkan Deman dengan Minum Air Madu, Apa Bisa?

Ketika daya tahan tubuh menurun, infeksi virus penyakit bisa dengan mudah masuk ke tubuh, dan hal pertama yang seringkali dirasakan tubuh adalah tubuh demam. Perubahan suhu tubuh ini adalah efek tubuh sedang melawan penyakit yang mencoba membuat tubuh sakit.

Untuk mencegah penyakit semakin parah, minum obat tentu menjadi cara yang efektif untuk dilakukan. Namun jika kamu mencari obat alami sebagai pertolongan pertama yang bisa menurunkan demam, banyak orang menyarankan minum air madu atau paling tidak air gula agar tubuh punya energi selagi tubuh lemah. Tapi benarkah minum madu bisa menyembuhkan demam?

Dilansir dari Express, Dr Sarah Brewer mengatakan bahwa hanya ada 'sedikit bukti' yang menunjukkan minum madu lokal bisa menyembuhkan gejala demam. Penelitian dari University of Connecticut menemukan mengonsumsi madu lokal tidak berdampak pada ketahanan terhadap hay fever.

Air madu bisa meningkatkan energi/copyright Pixabay.com/Daria-Yakovleva

Madu mungkin bisa dikonsumsi setiap hari untuk menambah energi dan mempertahankan daya tahan tubuh sebelum cuaca musiman berubah. Ia menyarankan mulai minum dengan dosis rendah, karena imunoterapi yang perlahan-lahan ditingkatkan bisa membantu sistem kekebalan menoleransi alergi dan demam musiman lebih baik.

Meski begitu madu dianggap tidak efektif jika digunakan sebagai obat demam. Meski memang pilihan minum air madu lebih sehat dibanding air gula, namun bagi beberapa orang yang punya alergi serbuk sari, madu kemungkinan justru memicu demam.

Demam bisa disebabkan berbagai hal, bukan hanya perubahan cuaca namun juga turunnya tingkat imunitas tubuh. Jika dirasa madu memang bisa mengurangi gejala demam dan mendukung kesembuhan penyakit, tidak ada yang salah minum madu setiap hari. Jika tidak, juga tidak masalah.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading