Sukses

Beauty

Tidur Setiap Malam Selama Sekian Jam Bisa Turunkan Berat Badan Tanpa Diet!

Tidur mungkin tampak seperti aktivitas sepele dan tidak berhubungan dengan diet. Bahkan kebanyakan orang berpikir bahwa kebanyakan tidur justru akan membuat berat badan bertambah. Tapi tahukah kamu bahwa tidur dalam waktu tertentu justru memberi bisa menurunkan berat badan? Sebuah penelitian mengatakan bahwa mendapatkan waktu tidur 8,5 jam per malam bisa membantu menurunkan berat badan.

Penelitian yang diungkap dalam Annals of Internal Medicine mengungkapkan bahwa tidur selama 8,5 jam per malam bisa menurunkan angka lingkar pinggang. Memang tidak bisa secara instan, dibutuhkan pembiasaan paling tidak selama dua minggu untuk bisa melihat hasilnya. Lingkar pinggang akan secara signifikan berkurang angkanya jika kamu membiasakan tidur cukup, yaitu selama 8,5 jam. Dengan kata lain, kamu akan mengalami penurunan berat badan jika tidur malam cukup.

Dalam penelitian tersebut, partisipan pria dan wanita mengikuti uji coba diet kalori yang dikendalikan. Setelah 14 hari tidur selama paling tidak 5,5 hingga 8,5 jam per malam, kedua kelompok (pria dan wanita) tersebut mengalami penurunan berat badan sebanyak 6,5 pound (atau sekitar 3 kilogram lebih).

Hal ini cukup mengejutkan karena sebenarnya jika dilihat secara sederhana, kita tidak melakukan aktivitas fisik apa pun saat tidur, tapi justru waktu inilah yang penting bagi tubuh untuk melakukan metabolisme yang sehat dan mengembalikan kesegaran tubuh. Saat tidur, tubuh menggunakan lemak tubuh untuk diubah menjadi energi dan meregenerasi sel-sel tubuh, memperbaiki organ dan lain sebagainya.

Tapi yang lebih mengejutkan lagi, ternyata mereka yang tidur paling lama, yaitu 8,5 jam lah yang memiliki perkembangan lebih besar, yaitu sebanyak dua kali lipat dari mereka yang hanya tidur selama 5,5 jam per malam. Jadi, semakin lama waktu tidur, akan semakin baik dalam menurunkan berat badan. Karena pada dasarnya kamu memberikan waktu tubuh untuk ‘memperbaiki diri’ dari dalam dengan optimal.

Jadi ladies, jika kamu ingin bisa menurunkan berat badan cepat, bukan hanya pola makan saja yang dijaga, tapi pastikan juga kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam, yaitu 8,5 jam per malam.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading