Sukses

Beauty

Hindari Ucapan Ini Ketika Berbicara Pada Pasien Kanker

Ketika anggota keluarga, teman, atau lingkungan kita ada yang terkena kanker. Tentu kita harus tetap memberikannya semangat dengan mengucapkan hal yang tidak membuatnya sedih.

Ternyata, ada beberapa cara berkomunikasi dengan pasien kanker agar tidak menyinggung perasaanya. Penanggungjawab Program Paliatif Yayasan Kanker Indonesia Pusat dr. Siti Anissa Nuhonni, SpKFR(K), mengatakan komunikasi dalam perawatan paliatif itu sangat penting. Pasien yang sedih mungkin akan sulit menceritakan langsung. Ada baiknya kita, anggota keluarga, teman atau perawat pasien membuka diri dengan memulai sebuah pertanyaan.

Nuhonni menyampaikan, ada beberapa pertanyaan yang bisa dilontarkan antara lain, "Ada yang mau diceritakan?", "Mari berbincang-bincang, atau mau jalan-jalan?", "Wah sudah lama tidak terlihat apa kabar?". Nah dr Nuhonni berpesan agar Anda tetap memberikan kesempatan bagi para pasien untuk menjawab.

“Jika pasien tak menjawab jangan berkecil hati, mungkin saja dia belum siap untuk berbagi kisahnya pada yang lain,” papar dr Nuhonni dalam temu media yang dihelat Perhompedin dan PT Ferron Par Pharmaceutical di Jakarta, Jumat (24/8).

Selain itu, ada kata-kata yang tidak boleh disampaikan kepada pasien kanker seperti contoh, "Kanker tidak seberat itu kok", "Masih banyak yang lebih menderita", "Ya sudahlah, terima saja kondisimu", "Coba dulu kamu tidak banyak makan ini", "Jangan berlebihan seperti itu ah" dan kata-kata ini yang membuat pasien kanker justru akan menangisi ujian hidupnya ini.

“Kata-kata tersebut justru membuat pasien kanker semakin depresi atau bahkan cemas,” tambahnya.

Sebaiknya, ucapkan kata-kata yang menujukkan kita itu menghargai kesedihan pasien, mengapresiasi kemajuan pasien, dan ingatkan kalau kecemasannya itu bukan sesuatu yang aneh atau gila.

“Justru kalau bisa alihkan Ia dari kecemasannnya,” tutupnya.

Nah, kini kamu tahukan apa yang harus diucapkan kepada pasein kanker agar mereka tetap semangat.

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading