Sukses

Beauty

Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Jadi Vegetarian

Vegetarian dikenal sebagai seseorang yang hanya mengonsumsi buah dan sayur. Kebanyakan mereka memilih untuk menjadi vegetarian karena ingin memiliki pola hidup yang sehat. Dengan menghindari makanan seperti daging hewani pastinya bisa mengurangi risiko penyakit jantung diabetes, dan kolesterol.

Untuk kamu yang tertarik untuk menjadi vegetarian, pastinya kamu akan merasakan perubahan yang akan terjadi pada tubuh. Seperti yang dilansir dari klikdokter, ini dia perubahan yang akan kamu rasakan sebagai berikut :

1. Kamu akan mudah lelah jika tak bisa mengatur asupan dengan baik
Memutuskan menjadi vegetarian, berarti kamu harus bisa menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh. Kesehatanmu memang tergantung pada kesehatan. Jadi, jika kamu mencoba diet protein tinggi dan kemudian memotongnya, maka kamu bisa mengalami lesu karena nantinya kamu akan mengonsumsi makanan lain yang tidak biasa kamu makan.

2. Kamu akan mengalami anemia
Anemia bisa disebabkan kekurangan zat besi. Pada prinsipnya, zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap oksigen untuk menjaga keseimbangan metabolisme pada tubuh. Jika kamu kekurangan zat besi yang biasa terkandung pada produk hewani, maka bisa saja kamu akan mengalami anemia.

3. Tubuh bisa meningkatkan kadar kolesterol baik
Saat menjadi vegetarian, kamu akan terhindar dari kolesterol dan rendah lemak jenuh yang bisa menyebabkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kanker. Hanya mengonsumsi buah dan sayur tentunya baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Kadar antioksidan dalam tubuh meningkat
Makanan seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan tentunya mengandung oksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas seperti polutan, debu, dan radiasi sinar ultraviolet dari matahari.

5. Kamu akan kekurangan protein
Kamu akan kekurangan protein karena biasanya protein terkandung dalam produk hewani seperti daging dan telur. Jika kamu kekurangan protein, maka tubuh akan sulit menyembuhkan luka, kulit terlihat kusam dan tidak sehat, serta berkurangnya kekuatan otot. Namun kamu bisa mendapatkan protein dari sumber nabati seperti kacang kedelai, kacang polong, dan beberapa jenis kacang lainnya.

Memang menjadi vegetarian kamu bisa merasakan manfaat kesehatannya, namun sebelum memutuskan untuk menjadi vegetarian sebaiknya pikirkan kekurangan dan kelebihannya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading