Benjolan di Punggung Tidak Selamanya Jerawat, Ketahui Alasannya!

Fimela29 Agu 2018, 19:30 WIB
Tips Cantik/ Copyright : freepik.com/ freepic.diller

Memiliki jerawat tentunya merupakan hal yang menyebalkan. Jerawat seringkali bisa mengganggu penampilan sehingga kamu merasa tak nyaman. Apalagi jika jerawat tersebut mudah infeksi atau meradang.

Untuk mengobatinya pun kamu akan membeli obat yang dijual di pasaran. Namun, apakah obat tersebut juga bisa dipakai untuk mengobati jerawat pada area lainnya seperti punggung?

Menurut Jonathan Subekti, salah satu Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin mengatakan bahwa jerawat punggung itu sama prinsipnya dengan penanganan jerawat di wajah. Jerawat ini bisa disebabkan oleh pengaruh hormonal atau iritasi sabun mandi. Tapi, besar faktornya karena hormon.

Namun selain alasan tersebut, jerawat punggung bisa juga disebabkan oleh keringat berlebih. Jerawat yang yang diakibatkan keringat bisa disebut folikulitis atau radang folikel rambut. Jerawat ini terlihat seperti ada rambutnya dan pangkalnya seperti bisul warna putih. Folikulitis ini bisa disebabkan oleh bakteri dan jamur yang masuk dalam folikel rambut. Menurut Jonathan, hal ini bisa disebabkan adanya trauma seperti seringnya penggunaan jeans ketat atau lengging, cara mencukur yang salah, dan memotong folikel rambut.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Untuk jerawat punggung biasa, kamu bisa mengobatinya dengan obat jerawat yang biasa dipakai di wajah. Sedangkan folikulitis bisa disembuhkan dengan cara menjaga kebersihan badan saat berkeringat, mengatasi trauma, dan memakai antibiotik. Maka dari itu sangatlah disarankan untuk penanganan pertama dengan sering mengganti baju saat berkeringat.

sumber : dream.co.id

(vem/mgg)