Sukses

Beauty

Sebal Ketombe Membandel? Atasi Pakai Jeruk Nipis dan Santan Ladies

Ketombe tak hanya mengganggu tetapi juga bikin rasa percaya diri berkurang. Terlebih lagi, ketika ketombe ini sering kali bikin kulit kepala gatal, cepat kotor dan menimbulkan banyak masalah lain seperti rambut rontok, rambut patah dan rambut mudah lepek. Untuk mengatasi masalah ketombe, memakai sampo anti ketombe saja tidak cukup. Melansir dari laman stylecraze.com, mengatasi ketombe juga harus dibarengi dengan perawatan lain seperti halnya memakai masker rambut alami. Salah satu masker alami untuk mengatasi ketombe adalah masker jeruk nipis dan santan. Nutrisi yang terkandung di dalam dua bahan alami ini bisa mengatasi ketombe dengan baik. Dua bahan ini juga bermanfaat menguatkan akar rambut, membuat rambut lebih sehat dan tebal alami. Cara memanfaatkan jeruk nipis dan santan untuk masker rambut sangat mudah. Siapkan 1 buah jeruk nipis, peras airnya. Siapkan juga 2 sampai 3 sdm santan kelapa. Campur kedua bahan kemudian aduk rata. Oleskan bahan ini secara merata ke kulit kepala atau rambut yang berketombe. Diamkan kira-kira selama 15 sampai 20 menit. Jika perawatan dirasa sudah cukup, segera bilas rambut dengan air bersih. Cuci juga dengan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk dapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

(vem/mim)

Penyebab Ketombe

1. Infeksi Jamur di Kepala

Penyebab ketombe di kepala yang pertama, yaitu karena adanya infeksi jamur di kepala. Jamur yang biasanya menginfeksi kulit kepala disebut dengan jamur Malassezia globosa. Jamur ini muncul karena adanya penumpukan minyak di kulit kepala. Jamur akan menyerap minyak tersebut, dan menyebabkan kulit kepala gatal, kering, serta muncul ketombe.

2. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah penyebab ketombe di kepala. Penyakit kulit ini diakibatkan karena kulit kepala terlalu sensitif dengan kandungan beberapa produk perawatan rambut. Untuk itu, sebaiknya hati-hati dalam memilih produk perawatan rambut. Hindari menggunakan sampo yang mengandung alkohol dan bahan kimia berbahaya lainnya.

3. Dermatitis Seboroik

Penyebab ketombe yang selanjutnya adalah karena penyakit dermatitis seboroik. Penyakit yang menyerang kulit kepala ini ditandai dengan adanya peradangan di kulit kepala, sehingga kulit kepala akan meradang, muncul kemerahan, jadi kering dan muncul ketombe

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading