Review: Benefit POREfect Start untuk Wajah Bebas Minyak

Fimela17 Sep 2018, 15:00 WIB
Benefit POREfect Start/copyright sociolla.com

Salah satu tantangan terbesar untuk para wanita yang memiliki kulit berminyak adalah menjaga agar makeup bisa tahan lama. Untuk mengatasinya, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jenis primer yang tepat. Sebelumnya, kamu sudah kenal, kan, dengan jenis-jenis primer wajah yang ada? Nah, untuk wajah berminyak, pasangan primer yang tepat adalah mattifying primer yang bisa memberikan tekstur wajah yang lebih halus sekaligus menahan minyak sehingga kulit terasa matte lebih lama.

Sebagai pemilik wajah yang sangat berminyak, saya pun melakukan pencarian untuk mattifying primer demi tampilan wajah yang bebas kilap dan makeup yang lebih tahan lama. Alih-alih langsung mencoba primer full size, saya memutuskan untuk mencoba primer dengan ukuran mini terlebih dahulu agar saya dapat mengetahui primer manakah yang tepat untuk kulit wajah saya. Pilihan saya pun jatuh pada Benefit POREfect Start yang merupakan rangkaian tiga primer best seller Benefit dalam ukuran mini, yaitu:

1. The POREfessional Face Primer Mini

Dalam set ini, tentu saja ada primer ikonik dari Benefit, yaitu The POREfessional. Primer ini menjanjikan hasil kulit yang halus dengan menyamarkan tampilan pori-pori dan kerutan, membantu menahan minyak, serta membuat makeup lebih tahan lama. Primer wajah ini dapat digunakan sendiri, di bawah makeup, maupun di atas makeup untuk tampilan wajah yang flawless. Diperkaya dengan vitamin E, primer ini sekaligus membantu melindungi kulit dari radikal bebas.

2. The POREfessional Pearl Primer Mini

Selain memiliki tekstur ringan yang sama dengan The POREfessional Face Primer Mini, dapat membantu menyamarkan tampilan pori-pori dan menjaga makeup agar lebih awet, The POREfessional Pearl Primer Mini hadir dengan tambahan kandungan yang akan membantu memberikan efek kulit yang lebih cerah dan glowingdengan hint soft pearly pink. Untuk kulit berminyak, primer ini bisa digunakan untuk area di wajah yang kerap diberi highlighter seperti di tulang pipi tertinggi yang paling menonjol.

3. The POREfessional Matte Rescue Gel Mini

Merupakan invisible finish mattifying gel, The POREfessional Matte Rescue Gel Mini merupakan inovasi dari Benefit untuk melawan minyak pada wajah dan pori-pori yang besar. Primer water-based gel ini akan membantu melawan kilap minyak dan menyerap minyak berlebih pada wajah untuk hasil akhir tampilan wajah yang matte alami. Diperkaya dengan diamond powder, primer ini juga akan memberikan efek menyamarkan pori-pori.

Dengan dua buah primer wajah dan satu mattifying gel, pasti kamu sudah penasaran kan bagaimana performa Benefit POREfect Start ini saat digunakan di wajah? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah!

Kemasan 

Benefit POREfect Start dikemas dalam box berukuran kecil, dengan sekat pada bagian dalamnya untuk memisahkan The POREfessional Face Primer Mini, The POREfessional Pearl Primer Mini, dan The POREfessional Matte Rescue Gel Mini. Ketiga produk sama-sama memiliki bentuk tube dengan tutup ulir. The POREfessional Face Primer Mini dan The POREfessional Pearl Primer Mini memiliki ukuran 7.5ml dengan tube doff, sedangkan The POREfessional Matte Rescue Gel Mini memiliki ukuran 15ml dengan tube glossy.

Tekstur, Warna, dan Aroma

Tekstur setelah dibaurkan

The POREfessional Face Primer Mini memiliki tekstur creamy, dengan warna beige menyerupai warna kulit, dan tidak memiliki aroma apapun. Sedangkan, The POREfessional Pearl Primer Mini memiliki tesktur yang juga creamy dengan warna pearl pink dan tidak memiliki aroma apapun. Terakhir, The POREfessional Matte Rescue Gel Mini memiliki tesktur gel, tidak memiliki warna, dan memiliki sedikit aroma wangi.

Cara Penggunaan

Aplikasikan tipis-tipis pada kulit yang telah dibersihkan di pagi hari, dari bagian tengah ke arah luar wajah. Ratakan dengan jari, lalu lanjutkan dengan aplikasi makeup seperti biasa. kamu dapat mengaplikasikan ulang primer saat pori-pori mulai terlihat di siang hari, cukup aplikasikan sedikit di atas makeup, lalu tepuk lembut dengan jari hingga merata.

Pendapat Saya

1. The POREfessional Face Primer Mini

Sebelum membeli set ini, saya sudah pernah mencoba The POREfessional Face Primer Mini sebelumnya and I like it! Teksturnya yang creamy membuat primer ini dapat diratakan dengan mudah di wajah dan mengisi pori-pori dengan baik. Meskipun sedikit, warna beige pada primer ini juga membantu meratakan warna kulit saya yang kemerahan. Primer ini terasa sangat ringan pada wajah dan cepat mengering, sehingga saya dapat langsung melanjutkan aplikasi makeup tanpa menunggu lama.

Kalau sedang malas menggunakan makeup tebal, saya akan mengkamulkan primer ini sebagai alas wajah sebelum bedak untuk mendapatkan tampilan wajah yang ‘cukup’ flawless tanpa foundation. Oil control-nya menurut saya patut diacungkan jempol, area pelipis dan dahi saya yang biasanya sangat rentan berminyak bisa bertahan hingga 8 jam sebelum saya membutuhkan blotting paper atau kertas minyak. Saat di-blot, minyak yang terangkat pun sangat sedikit.

2. The POREfessional Pearl Primer Mini

Saya hanya menggunakan primer ini di beberapa area yang saya ingin tampak lebih cerah seperti tulang pipi, bawah mata, serta area sekitar mulut. Meskipun tidak serta-merta membuat wajah saya tampak lebih cerah, The POREfessional Pearl Primer Mini memberikan sedikit efek kilau pada area yang saya aplikasikan. Kalau kamu menyukai hasil akhir foundation yang tidak terlalu matte dan lebih tampak glowing, sepertinya kamu akan menyukai primer ini, nih! Oh, iya, untuk efek menyamarkan pori-pori dan menahan minyak, kurang lebih performa primer ini sama dengan The POREfessional Face Primer Mini.

3. The POREfessional Matte Rescue Gel Mini

Nah, ini nih produk dari Benefit POREfect Start yang paling membuat saya penasaran. Hadir dengan ukuran paling besar, The POREfessional Matte Rescue Gel Mini memang telah menuai sederet ulasan positif. Mattifying gel yang juga bisa digunakan sebagai primer ini memiliki tesktur gel yang ringan cenderung cair, sangat mudah untuk diratakan dan cepat menyerap. Saya mengaplikasikan primer ini khusus untuk area hidung yang paling berminyak.

Hasilnya? Saya benar-benar kagum dengan kemampuan The POREfessional Matte Rescue Gel untuk menahan minyak pada wajah! Saya biasanya makeup-an pukul 8 pagi, saat mencobanya seharian, hingga pukul 5 sore, wajah saya hanya sedikiiit sekali berminyak. Tidak hanya terlihat lebih matte, makeup saya pun jauh lebih awet dan tidak bergeser seharian. Pada area T-zone, foundation saya memang sedikit memudar, namun selain itu makeup saya masih terlihat oke-oke saja dan yang pasti bebas kilap.

* * * * *

Overall, saya harus mengacungkan jempol untuk ketiga produk dari rangkaian Benefit POREfect Start yang benar-benar memenuhi janjinya sehingga dapat menjadi solusi untuk kamu yang memiliki kulit berminyak seperti saya (saya juga cukup yakin kalau primer ini juga akan bekerja dengan baik di jenis kulit normal dan kombinasi). Oh, iya, di kulit saya yang acne-prone ini, ketiga produk Benefit POREfect Start tidak menyebabkan komedo maupun jerawat, asalkan kamu membersihkan makeup dengan menyeluruh. Meskipun berukuran mini, menurut saya ketiga produk ini bisa tahan cukup lama, bahkan berbulan-bulan, apalagi kalau kamu tidak setiap hari menggunakan makeup.

Untuk kamu yang masih ragu menentukan pilihan primer dari Benefit, menurut saya Benefit POREfect Start adalah solusi yang paling tepat karena kamu dapat mencoba ketiga produknya sekaligus dalam ukuran kecil. Jika kamu sudah menemukan yang tepat, baru deh kamu beli produk full size-nya. Nah, jika kamu tertarik dengan Benefit POREfect Start sebagai alas makeup untuk wajah yang bebas kilap sepanjang hari, kamu bisa mendapatkannya di Sociolla, lho!

(vem/sociolla/apl)