Sukses

Beauty

4 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Ladies, apakah kamu selama ini sudah tahu apa saja manfaat teh hijau? Yang paling populer memang adalah teh hijau bisa bantu menurunkan berat badan. Tapi ternyata teh hijau punya banyak manfaat lainnya, lho.Mengutip tulisan drg Diego Dimas MM dari situs Klik Dokter, diketahui ada penelitian terbaru yang menyebutkan, senyawa teh hijau seperti polifenol yang selama ini terbukti ampuh mencegah mengatasi risiko kanker, jantung, dan diabetes, bisa untuk mengatasi peradangan pada gigi dan gusi.Di dalam teh hijau, terkandung polifenol jenis catechin yang lebih banyak dibanding teh oolong maupun teh hitam. Dari berbagai penelitian, jenis catechin yang banyak terdapat pada daun teh adalah Epigallocatechin Gallate (EGCG). Yang memiliki sifat sebagai antimutagenik, antidiabetik, antiinflamasi, antibakterial, dan antivirus.Menurut Diego, EGCG ini mampu menghambat pembentukan biofilm bakteri pada mulut yang biasanya berbentuk plak. Maka itu, dengan rutin minum teh hijau setiap pagi, membantu gigi dan gusi terbebas dari plak.

Yuk, kenali manfaat teh hijau./Copyright pixaba.com/dungthuyvunguyenSelain, ada manfaat lain dari EGCG ini untuk kesehatan gigi dan mulut kita.1. Kontrol Pertumbuhan BakteriTingkat keasaman air liur akan turun seiring terbatasnya pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Kabar baiknya, kita bisa terhindar dari kondisi gigi berlubang.2. Jaga Kesehatan GusiKeberadaan zat antiperadangan dari EGCG ini membantu mencegah penyakit gusi. "Jaringan mulut pun akan merespons dengan melakukan peningkatan regenerasi dan penyembuhan."

Dikonsumsi secukupnya untuk mendapat manfaatnya./Copyright pixabay.com/stocksnap3. Cegah Masalah Gigi BerkelanjutanZat EGCG dalam teh hijau bisa mencegah gigi berlubang dengan menurunkan keasaman pada rongga mulut dan meredakan masalah penyakit gusi. Dengan demikian, teh hijau juga bisa mencegah Anda kehilangan gigi atau mengalami gigi lepas.4. Napas Lebih SegarKeasaman menurun, radang pada gigi menjauh, alhasil napas menjadi lebih segar. Dengan kata lain, minum teh hijau menjauhkan Anda dari masalah bau mulut.Banyak sekali ya manfaat teh hijau ini. Selama dikonsumsi dengan benar dan cukup setiap harinya, teh hijau pastinya akan memberi banyak manfaat. Semoga infonya bermanfaat, ladies!Sumber: Liputan6.com

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading