Begini Cara Benar Membersihkan Wajah Untuk Perempuan Indonesia

Fimela30 Apr 2018, 10:40 WIB

Berdasarkan data survei TNS tahun 2014, sebanyak 80% perempuan Indonesia adalah pengguna aktif make up, hal ini menunjukkan bahwa perempuan dan make up tidak terpisahkan. Rahasia di balik make up sempurna adalah kulit sehat yang memudahkan aplikasi make up di wajah. Salah satu cara mendapatkan kulit sehat adalah dengan rajin membersihkan wajah terutama setelah seharian wajah tertutup make up dan kotoran yang menyebabkan kulit sulit ‘bernafas’.

Sayangnya, masih banyak perempuan yang tidak bagaimana membersihkan wajah secara benar agar tidak ada lagi kotoran yang menempel di wajah.

Aturan membersihkan wajah

Dr. Lili Legiawati, SpKK, mengajurkan sebaiknya perempuan Indonesia mencuci wajah tiga sampai empat kali dalam sehari. Sebab, Indonesia adalah negara tropis dan perempuan kini memiliki aktivitas outdoor yang cukup banyak.

"Di Indonesia, iklimnya tropis dengan kelembapan dan suhu yang tinggi. Kalau berminyak dianjurkan mencuci wajah tiga kali sehari apalagi jika tinggal di kota seperti Jakarta. Kalau rawan berjerawat atau banyak aktivitas di luar ruangan dianjurkan empat kali sehari," kata dalam acara peluncuran Nivea MicellAIR di Jakarta X Beauty Senayan City, Jakarta Pusat, Jumat, (27/4).

Lily mengatakan, mencuci wajah pun bisa dilakukan ketika kamu mandi pagi, siang hari di sela aktivitas, mandi sore, dan sebelum tidur. Selain agar wajah bersih, cerah, dan terhindar dari jerawat, cuci muka di siang hari atau di sela aktivitas juga menjadi kesempatan kulit untuk bernafas sejenak.


Mencuci wajah secara praktis

Mencuci wajah tiga kali sehari memang merepotkan jika kita harus bulak-balik kamar mandi untuk membersihkan wajah menggunakan facial foam. Untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan pembersih wajah tanpa dibilang, seperti miceller water. Nivea pun baru saja meluncurkan MicellAIRSkinBreath,item tersebut diklaim bisa membersihkan lebih mendalam namun dengan formula yang lebih lembut dan disempurnakan.

Kelebihannya, produk ini aman untuk kulit wajah katena tidak mengandung alkohol dan paraben. Dengan dua varian yakni merah untuk
kulit sensitif dan biru untuk kulit normal hingga berminyak.

“Nivea MicellAIR Skin Breathe merupakan bentuk inovasi dari produk micellar water kami sebelumnya. Produk terbaru ini tidak hanya mampu membersihkan kulit wajah dari make up, namun juga merawat dan menjaga kelembaban kulit. Kami percaya bahwa kulit sehat merupakan investasi kecantikan yang sesungguhnya dibalik setiap hasil make up yang mengagumkan,” ujar Tomasz Schwarz, Marketing Director PT Beiersdorf Indonesia.

Manfaat mencuci wajah teratur

Selain mengangkat kotoran di wajah, dan mencegah masalah kulit seperti jerawat. Mencuci wajah juga dapat memudahkan pengaplikasian makeup.

Bubah Alfian, Make Up Expert Nivea mengatakan kulit bersih terawat memudahkan pengaplikasian make up sehingga wajah menjadi lebih bersinar dan make up seakan menyatu sempurna.

“Daerah T Zone di wajah yaitu dahi, hidung, dan dagu adalah daerah yang paling sering timbul masalah seperti komedo dan jerawat, jika kulit tidak terawat dengan baik. Masalah ini yang membuat aplikasi make up menjadi tidak maksimal. Makannya mencuci wajah itu sangat penting,” paparnya.

(vem/asp)