Secara Ilmiah, Otak Tentukan Seperti Apa Kamu Menemukan Sahabat Lho!

Fimela03 Mei 2018, 17:00 WIB
Otak bantu kamu temukan sahabat/copyright Shutterstock.com

Memiliki banyak teman mungkin sudah biasa, tapi tak banyak yang memiliki banyak sahabat. Dan umumnya, orang memang hanya akan menemukan satu atau dua orang saja yang paling dekat dengannya untuk dijadikan sahabat. Biasanya, dua orang bisa menjadi sahabat karena memiliki banyak kesamaan atau kecocokan.

Tapi tahukah kamu bahwa kecocokan itu juga bisa berasal dari otak? Seperti dilansir dari yourtango.com, Senin (30/4/2018), sebuah penelitian terbaru mengenai aktivitas neurologis berdasarkan pemindaian MRIS menyatakan bahwa dua orang yang sangat dekat atau menjalin hubungan persahabatan bisa jadi karena mereka berada di gelombang otak yang sama.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan kognitif dari University of California, Los Angeles ini menemukan bahwa dua orang yang bersahabat tidak hanya berbagi aspek kemiripan diukur dari identitas mereka saja, namun juga pola aktivitas otak yang sangat mirip.

Penelitian yang dipimpin Dr Parkinson dan timnya ini juga menemukan bahwa beberapa orang yang dekat satu sama lain dalam hal pertemanan memiliki kemungkinan lebih besar untuk merespon dengan cara yang sama ketika dihadapkan pada suatu situasi tertentu. Sedangkan beberapa orang lainnya yang tidak mengenal satu sama lain menunjukkan respon yang tidak sesuai.

Tidak mengherankan sebenarnya bagaimana hal ini bisa terjadi, karena pada umumnya orang memang lebih suka membuat ikatan erat dengan orang-orang yang mirip dengan dirinya, benar kan? Orang akan secara alami memilih teman yang memiliki banyak kesamaan, entah itu mengenai bakat, minat, prinsip, keyakinan, usia, tingkat pendidikan, dan bahkan latar belakang.

Jadi, kemungkinan kamu dan sahabatmu bisa menemukan satu sama lain selama ini adalah karena gelombang otak kalian yang memang sepadan dan sama. Bersyukurlah bisa menemukan sahabatmu saat ini, ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)