Diet Sehat untuk Pulihkan Rambut yang Rusak

fitriandiani17 Des 2018, 16:30 WIB
Diet Sehat untuk Pulihkan Rambut yang Rusak

Fimela.com, Jakarta Penggunaan berbagai produk dan alat penataan rambut adalah pemicu kerusakan nomor satu. Perlahan tapi pasti semua akan mempengaruhi kondisi rambut dan mengubahnya jadi jauh lebih buruk, apalagi kalau tidak diimbangi dengan perawatannya.

Kalau rambut sudah rusak, akan sangat sulit memulihkannya. Selama proses pemulihan itu juga berarti kamu harus bertahan dengan kondisi rambut yang susah diatur dan pasti mengganggu penampilan.

Beberapa orang tak segan memangkas habis rambutnya guna membuang bagian yang rusak dan rambut baru nan sehat lekas tumbuh. Tapi, tentu tidak semua akan memilih demikian.

Merawat rambut dan styling seperlunya adalah cara terbaik agar kamu tak perlu menghadapi masa-masa itu. Plus, sambil pemulihan, coba diet sehat dengan makanan ini untuk memperbaiki rambut dari dalam.

 

Makanan Sehat untuk Menyehatkan Rambut dari Dalam

Sayuran hijau (iStock)
Ilustrasi brokoli dan sayuran (iStockphoto)

Sayuran Hijau

Segala kandungan dalam sayuran hijau seperti vitamin A, vitamin C, zat besi dan selenium berfungsi menstimulasi minyak produksi minyak alami yang melembapkan rambut sekaligus mempercepat pertumbuhannya.

Alpukat

Tak hanya bagus digunakan sebagai masker rambut, alpukat pun akan sangat membantu merawat rambut dari dalam. Vitamin B dan E di dalamnya berfungsi menjaga kelembapan alami di kulit kepala, sehingga rambut pun tumbuh lebih sehat dan kuat.

 

Sumber Protein untuk Rambut

telur
ilustrasi telur rebus/copyright Rawpixel

Telur

Susunan protein keratin pada rambut bisa rusak akibat paparan sinar matahari, polusi, debu dan bahan kimia. Untuk itu, konsumsi telur akan amat membantu memperbaiki keratin yang membuat rambut tumbuh subur serta terhindar dari masalah kerontokan, bercabang, dan kusam.

Kacang-kacangan

Kandungan mineral, zat besi dan zinc dalam kacang-kacangan terbukti efektif memperbaiki tekstur rambut. Jika kamu mendambakan rambut halus nan mudah diatur, coba perbanyak konsumsi kacang-kacangan!

Lanjutkan Membaca ↓