Sukses

Beauty

Panduan Memilih Foundation yang Tepat Sesuai Warna Kulit

Fimela.com, Jakarta Untuk riasan wajah yang maksimal, kesesuaian warna foundation sebagai 'alas' makeup adalah kunci. Dengan warna foundation yang sesuai, makeup akan tampak flawless dan menyatu dengan kulit asli.

Ada enam tipe rona kulit berdasarkan Fitzpatrick scale yang dikembangkan tahun 1975 oleh Thomas B. Fitzpatrick sebagai cara untuk memperkirakan respon dari berbagai jenis kulit terhadap sinar UV.

Mengacu pada bagan tersebut, yuk kita bahas satu persatu untuk memastikan apa rona kulitmu dan foundation warna apa yang tepat untuknya!

1. Very fair

Untuk warna kulit ini, intensitas warna putih sangat tinggi dan kulit terang cenderung pucat. Rona kulit ini takkan terpengaruh pada paparan sinar matahari. Foundation yang cocok untuk tipe kulit very fair adalah ivory yang cenderung memiliki warna merah muda. Fungsinya adalah menutupi warna pucat dan membuat wajah lebih merona.

2. Fair

Kulit jenis fair di bagan Fitzpatrick adalah tipe kulit yang dimiliki orang Cina, Jepang dan Korea. Rona kulitnya lebih pink dibanding very fair, dan lebih sensitif. jika terkena matahari, freckles akan mudah muncul. Foundation yang cocok untuk tipe kulit fair adalah ivory.

 

3. Medium

Skala medium dalam bagan Fitzpatrick adalah kulit warna sawo matang seperti milik orang Indonesia, Indian, dan Meksiko. Kulit tipe ini mudah menggelap jika terkena paparan sinar matahari. Untuk warna kulit golongan medium, foundation dengan shade beige adalah pilihan tepat.

4. Olive

Tipe kulit olive lebih kecoklatan dari tipe fair dan medium. Plus, tipe kulit olive ini lebih tahan akan paparan sinar matahari! Untuk warna foundation, pilih yang warm undertone.

5. Brown or Black

Tipe terakhir ini merupakan kulit milik bangsa India dan Afrika. Ia juga teramat tahan akan sinar matahari, namun juga takkan berubah meski tak terkena paparan matahari. Warna foundation yang tepat untuk tipe kulit ini adalah dark skin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading