4 Trik Basmi Ketombe dengan Cuka Apel

Meita Fajriana18 Des 2018, 16:30 WIB
Ilustrasi rambut

Fimela.com, Jakarta Ketombe merupakan permasalahan rambut yang mengganggu penampilan. Bagaimana tidak, ketombe bisa mengurangi kepercayaan diri saat ia terlihat di rambut, bahkan juga jatuh ke baju. 

Untuk menghilangkannya, kamu membutuhkan perawatan khusus agar bakteri di permukaan kulit kepala ini tidak muncul kembali. Salah satunya keramas menggunakan bahan alami cuka apel.

Lantas seperti apa caranya? Seperti dilansir dari situs Boldsky, Selasa (18/12), berikut empat trik basmi ketombe menggunakan cuka apel dan mencampurnya dengan bahan-bahan alami.

1. Cuka apel dan air

Kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan air untuk menghilangkan ketombe. Ambil satu sendok cuka apel dan larutkan dalam satu mangkok air. Siramkan pada rambut yang berketombe. Selanjutnya bilas rambut dengan air hangat hingga bersih. Lihat sendiri hasilnya ketombe pada rambut perlahan menghilang.

2. Jus lemon

Ambil setengah sendok cuka apel kemudian campurkan dengan dua sendok jus lemon. Aplikasikan formula ini pada kulit kepala Anda dan pijat dengan lembut menggunakan jari. Diamkan di kulit kepala selama 15-20 menit dan bilas rambut hingga bersih. Terakhir cuci rambut menggunakan sampo untuk menghilangkan aroma cuka apel pada rambut.

3. Baking soda

Campuran cuka apel dengan baking soda dipercaya ampuh menghilangkan ketombe. Ambil setengah sendok baking soda kemudian campurkan dengan satu sendok teh cuka apel dan dua sendok makan minyak kelapa. Aplikasikan pada kulit kepala dan pijat dengan lembut. Kemudian bilas rambut Anda dengan sampo yang biasa digunakan.

4. Aloe Vera

Gunakan campuran cuka apel dengan aloe vera sebagai ramuan penghilang ketombe. Ambil dua sendok makan gel aloe vera dan campurkan dengan setengah sendok teh cuka apel. Aplikasikan pada kulit kepala kemudian biarkan selama 20-25 menit. Setelah itu bilas rambut Anda menggunakan air hangat dan sampo.

Rambut Flawless
Ilustrasi rambut flawless. (Unsplash.com/Liz Weddon).
3 Trik Ini Bisa Bantu Atasi Rambut Lepek
Ilustrasi rambut lepek. (sumber foto: trendwanita.com)