Sukses

Beauty

5 Manfaat Kesehatan Diet Tinggi Serat

Ladies, Anda pasti pernah mendengar bahwa untuk diet sehat Anda perlu mengkonsumsi banyak serat. Tetapi, tahu kah Anda kenapa serat baik bagi kesehatan Anda? Serat pangan banyak di temukan di dalam buah, sayur, padi-padian, dan kacang-kacangan. Serat juga dikenal baik akan kemampuannya untuk mencegah konstipasi.

Ini dia beberapa fungsi lain dari serat yang dilansir oleh mayoclinic.com.

1. Menormalkan BAB
Serat pangan meningkatkan berat dan ukuran kotoran Anda dan membuatnya lebih halus. Kotoran yang berukuran besar lebih mudah untuk keluar, dan menurunkan resiko konstipasi. Jika kotoran Anda lembek dan berair, serat akan dapat membantu untuk mengeraskannya karena serat dapat menyerap air.

2. Membantu menyehatkan usus
Diet yang tinggi serat dapat menurunkan resiko wasir dan kantong kecil di usus Anda. Beberapa serat difermentasi di dalam usus. Peneliti juga masih mencari bagaimana serat dapat mencegah beberapa penyakit yang terjadi di usus.

3. Menurunkan tingkat kolesterol.
Serat yang mudah larut banyak ditemukan di dalam kacang, oats, flaxseed yang dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dengan menurunkan lipoprotein atau kolesterola jahat. Penelitian juga menemukan bahwa serat juga dapat menjaga kesehatan jantung, antara lain menurunkan tekanan darah dan peradangan.

4. Mengendalikan kadar darah tubuh.
Bagi orang dengan diabetes, serat, khususnya serat larut, dapat menurunkan penyerapan gula dan membantu meningkatkan kadar gula darah. Diet yang sehat dengan memasukkan serat tidak larut juga dapat mengurangi resiko pengembangan diabetes tipe 2.

5. Membantu mencapai berat badan yang sehat.
Makanan yang mengandung serat tinggi memang sedikit susah dikunyah sehingga Anda tidak akan makan terlalu banyak. Selain itu, diet tinggi serat dapat membuat makanan lebih mengenyangkan dan tahan dalam waktu yang lama. Diet tinggi serat juga cenderung disebut ‘energi padat’ yang berarti mereka memiliki lebih sedikit kalori untuk volume yang sama dari makanan.

Banyak ya manfaatnya, Ladies.

Oleh: Orista V Anggraningtyas

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading