Sukses

Beauty

Alergi Makanan dan Penyakit Lupus

Apa yang Ladies pikirkan ketika mendengar kata lupus? Apakah Ladies kontan memikirkan tentang satu judul sinetron yang booming di tahun 90an ataukah sebuah nama penyakit kronis yang menyerang sistem imun seseorang? Yap, lupus yang dimaksud disini adalah si penyakit kronis yang hingga saat ini belum ada obat penyembuhnya.

Penyakit lupus atau yang sering disebut dengan sebutan lupus adalah jenis penyakit yang mempengaruhi sistem imun atau sistem kekebalan tubuh seseorang untuk menyerang balik sel ? sel baik di dalam tubuh. Sebagai akibatnya, sel yang terserang akan hancur dan begitu juga organ tubuh dalam orang tersebut.

Lalu, apakah hubungan antara lupus dan alergi makanan?

Artikel yang dilansir oleh livestrong.com menyebutkan bahwa pengaruh lupus terhadap sistem kekebalan tubuh seseorang dapat menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Gejala yang mungkin salah satunya adalah alergi makanan tertentu. Akibat pengaruh lupus, sistem kekebalan tubuh merespon beberapa bahan makanan sebagai radikal bebas sehingga tubuh secara otomatis akan membentuk antibodi untuk melawannya.

Jadi, dengan kata lain, alergi makanan yang dialami seseorang bisa jadi merupakan gejala lupus yang sedang dialami orang tersebut. Jika Ladies mengalami gejala-gejala alergi makanan yang Ladies anggap aneh dan tidak wajar, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosa lebih jelas apakah alergi yang Ladies alami adalah sebatas alergi biasa ataukah alergi tersebut adalah merupakan gejala dari lupus di tubuh Ladies.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading