Sukses

Beauty

Lidah Kaku (Ankyloglossia): Perlu Disembuhkan Atau Tidak

Terkadang Anda pasti mengalami kesulitan berbicara ketika terlalu bersemangat bicara. Tapi sebenarnya ada kondisi fisik dimana seseorang kesulitan berbicara bukan karena situasi tapi karena masalah konsidi lidah yang kaku (ankyloglossia).

Saat janin masih di dalam kandungan, terjadilah perkembangan jaringan kord yang kuat bernama frenulum. Kalau setelah lahir dan dewasa frenulum menjadi terlalu sempit atau tidak menyusut sebagaimana mestinya maka seseorang akan mengalami masalah mobilitas pada lidah.

Untuk Bunda yang baru melahirkan Anda perlu memperhatikan hal berikut. Pada bayi yang menderita ankyloglossia biasanya akan sulit minum susu dari ibunya, otomatis bayi akan menderita kekurangan gizi. Kemudian pada anak yang baru belajar berjalan akan mengalami kesulitan mengucapkan beberapa suara seperti l, r, t, d, n, th, sh, dan z.

Tetapi tidak semua anak akhirnya akan kesulitan berbicara saat dewasa. Sedangkan untuk anak yang lebih besar, ankyloglossia bisa berpengaruh pada penampilan. Ankyloglossia terkadang membuat posisi gigi berubah dan menimbulkan rasa kurang percaya diri.

Menurut laman entnet.org sebagai orang tua Anda mungkin perlu mempertimbangkan operasi dimana otolaryngologis akan melakukan prosedur operasi bernama frenulectomy. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena operasi ini dilakukan dengan cepat, tanpa komplikasi, dengan manfaat yang sangat baik bagi kemampuan berbicara anak.

Oleh: Hening

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading