Sukses

Beauty

Penyebab dan Gejala Rabun Dekat

Hai Ladies! Jika Anda adalah wanita yang mendekati umur 35, maka Anda harus mengetahui penyebab dan gejala rabun dekat karena rabun dekat menyerang di usia 35 ke atas. Rabun dekat adalah ketidakmampuan melihat objek yang dekat dengan mata.
Rabun dekat sangat mengganggu apalagi jika pekerjaan Anda adalah seorang sekretaris atau penjahit. Istilah lain rabun dekat adalah presbiopi. Mari simak penjelasan mengenai penyebab dan gejala rabun dekat yang dikutip dari allaboutvision.com berikut ini.

Penyebab rabun dekat pada umumnya adalah penuaan. Penyakit ini berbeda dari astigmatis yang mana penyebabnya adalah bentuk dari bola mata, faktor genetika dan faktor lingkungan. Rabun dekat berasal dari semakin tebal dan kakunya lensa mata, sehingga kekurangan fleksibilitas untuk fokus pada objek yang dekat dengan mata.

Hal ini terjadi karena protein yang berada di dalam lensa membuat lensa lebih keras dan kurang elastis dari waktu ke waktu. Hal itu juga berlaku sama dengan otot fiber di sekitar lensa sehingga memperlambat atau bahkan mematikan fungsi fokus pada lensa mata.

Cara menemukan gejala rabun dekat sebenarnya sangat mudah. Ketika membaca buku, koran, majalah, menu, dan bahan bacaan lain, Anda merasa perlu mendekatkan apa yang mereka baca dengan mata dalam jarak yang lebih dekat agar bisa fokus dengan lebi baik. Ketika Anda menulis, mengetik, atau melakukan kegiatan yang membutuhkan fokus penuh dengan objek, Anda akan merasa pusing dan mata Anda menjadi lelah.

Jika Anda mengalami hal di atas segeralah hubungi dokter mata untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat, Ladies!

Oleh: Septyo Adie

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading