Sukses

Beauty

Ketahui Prosedur Tindik Yang Aman Untuk Anda

Ladies, jika Anda adalah orang yang gemar melakukan tindik, pernah kah Anda merasa ada yang tidak beres dengan luka tindik Anda? Sekitar 20 persen dari orang yang melakukan tindik, mengalami infeksi. Infeksi ini terjadi akibat prosedur yang dilakukan tidak sesuai dengan standar medis. Dilansir dari mayoclinic.com, ada banyak sekali prosedur yang harus Anda ketahui agar tindik yang Anda lakukan tidak berisiko infeksi, Ladies.

Banyak praktek penindikan di pusat perbelanjaan atau tempat tato yang sering dikunjungi tidak menggunakan prosedur yang tidak steril. Kebanyakan tukang tindik tidak mencuci tangan, bahkan tidak menggunakan sarung tangan yang steril. Pilihan anting tindik yang disediakan pun tidak memenuhi keamanan terhadap luka Anda karena menimbulkan infeksi.

Prosedur yang dilakukan hanyalah mengolesi bagian yang akan ditindik seperti cuping telinga, bibir atau alis dengan alkohol. Bagian sensitif lain seperti hidung dan lidah tidak dibersihkan dengan alkohol tetapi langsung ditindik. Dalam menindik pun tukang tindik tidak menggunakan jarum steril, melainkan langsung menembakkan anting pada telinga,bibir, atau tempat lain. Padahal, seperti Anda ketahui, anting tersebut sudah dipajang selama berminggu- minggu, bahkan berbulan-bulan.

Setelah proses penindikan selesai, tukang tindik akan memberi pesan bahwa anting tidak boleh dilepas selama kurang lebih 4 hingga 5 hari. Padahal, hal tersebut dapat membuat kuman terkurung pada luka yang mulai mengering, sehingga menyebabkan infeksi. Hal yang harus dilakukan adalah memastikan tukang tindik menggunakan alat tembak untuk melubangi. Hal itu akan membuat kemungkinan terjadinya kerusakan saraf. Selain itu penggunaan jarum tindik pun harus diperhatikan, Ladies. Pastikan bahwa tukang tindik menggunakan jarum sekali pakai dan meletakkan jarum yang sudah terpakai pada wadah yang aman.

Penggunaan jarum sekali pakai akan menghindarkan Anda dari penularan penyakit. Penyakit yang mungkin ditularkan lewat jarum tindik bukanlah penyakit menular sepele lho, Ladies. Jika Anda tidak hati-hati untuk memilih tempat praktek, penyakit yang mungkin dapat menyerang Anda seperti Hepatitis B, Hepatitis C, bahkan HIV/AIDS. Sangat mengerikan bukan Ladies?

Pilih dengan baik tempat tindik yang akan Anda kunjungi, Ladies. Ada baiknya Anda melakukan tindik dengan bantuan dokter. Semoga bermanfaat.

Oleh: Larasati Zuhro

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading