Sukses

Beauty

Methotrexate, Obat Kanker Darah Minim Toksin

Ladies, obat kanker darah tidak hanya ada satu macam saja, lho. Namun, ada banyak jenisnya. Methotrexate adalah salah satu jenis obat untuk leukimia yang banyak digunakan dokter untuk menyembuhkan pasien.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, methotrexate juga menjadi salah satu obat favorit jujugan berbagai rumah sakit di Amerika Serikat karena obat ini termasuk salah satu obat yang mengandung lebih sedikit pengawet dari obat-obatan lainnya. Sehingga, sifatnya sebagai toksin bagi pasien juga lebih rendah.

Terlebih lagi, hanya jenis obat methotrexate saja yang bisa disuntikkan ke dalam sum-sum tulang pasien, dimana perawatan ini bertujuan untuk mencegah sel-sel kanker menyebar dan memperbanyak dirinya. Karena itulah, obat ini sempat mengalami kelangkaan serius di Amerika Serikat pada pertengahan Februari 2012 lalu.

Methotrexate merupakan obat yang umum digunakan untuk para pasien Leukimia Lymphoblastic Akut (ALL), penyakit kanker darah paling umum yang terjadi pada anak-anak. Dalam kasus ini, sel-sel darah putih yang abnormal akan melipatgandakan diri secara terus-menerus dalam sum-sum tulang penderita, dan menyebar ke organ-organ lain melalui pembuluh darah. Nah, methotrexate bekerja dengan cara menghambat laju pertumbuhan dan kadar sel-sel kanker dalam darah.

Disamping mengobati leukimia pada anak-anak, methotrexate juga dapat digunakan untuk memperbaiki gangguan autoimun, lymphoma, osteosacroma, neoplasma trophoblastic, dan kanker leher, kanker kandung kemih, serta kanker payudara. Sebenarnya, ada beberapa jenis obat-obatan bebas pengawet selain methotrexate, namun tingkat kemanjuran obat-obatan tersebit tidaklah setinggi methotrexate. Karena itu, tidak heran bila methotrexate sering mengalami kelangkaan karena permintaannyayang begitu banyak.

Oleh : Adienda Dewi S.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading