Rekayasa Sel Imun Efektif Sebagai Alternatif Obat Kanker Darah

Fimela18 Mar 2014, 12:53 WIB

Ladies, penyembuhan leukimia memang gampang-gampang susah. Terkadang, penyakit ini bisa sembuh total setelah menjalani kemoterapi, namun juga bisa kembali lagi dan tidak dapat disembuhkan. Untunglah, para ahli menemukan bahwa ternyata, sel tubuh penderita sendiri dapat menjadi obat kanker darah terampuh untuk mengatasi ALL, lho.

Dilansir dari cbsnews.com, salah satu anak yang merasakan manfaat perawatan eksperimental ini adalah Emily Whitehead, penderita acute lymphoblastic leukemia (ALL). Emily masih berusia lima tahun ketika penyakit tersebut menyerangnya, dan ia segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan kemoterapi. Akan tetapi, selang beberapa waktu kemudian penyakit itu datang kembali dan tubuh Emily sudah terlalu lemah untuk obat-obatan kemoterapi lagi.

Padahal. ALL biasanya dapat sembuh total pada 85% anak-anak yang menjalani kemoterapi. Kemudian, orangtua Emily mencoba perawatan eksperimental di Rumah Sakit Anak-Anak Philadelphia. Inti dari perawatan ini adalah menguatkan sel-sel sistem kekebalan tubuh penderita untuk melawan sel-sel kanker.

Para ilmuwan menggunakan sel imun penderita sendiri yang disebut Sel T, yaitu sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi. Dalam perawatan eksperimental ini, para ilmuwan akan mengambil sel T tersebut, kemudian mengadakan rekayasa genetis pada sel tersebut untuk melawan sel-sel kanker, dan kemudian menyuntikkannya kembali kedalam tubuh pasien.

Sel-sel T tersebut akan tumbuh dan berkembang sendiri di dalam tubuh penderita dan dapat menyerang sejumlah besar sel-sel kanker. Setelah menjalani perawatan tersebut, dokter tidak menemukan satupun sel leukimia di dalam tubuh Emily, bahkan dengan alat pendeteksi yang paling sensitif sekalipun.

Wah, tentu hal ini merupakan kabar gembira bagi para penderita kanker darah ya, Ladies. Semoga saja perawatan ini bisa dikembangkan dengan sempurna.

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/ver)