Obat Kanker Darah Herbal Untuk Dampingi Kemoterapi

Fimela18 Mar 2014, 12:54 WIB

Ladies, perawatan kemoterapi pada pasien kanker darah memang sangat diperlukan untuk membunuh sel-sel kankernya. Namun, sudah menjadi problema umum bahwa berbagai jenis obat kanker darah kimia yang dijejalkan dalam kemoterapi ini membawa banyak efek samping yang juga merugikan penderita.

Namun, menurut canceractive.com, sebenarnya banyak terdapat bahan-bahan alami yang bisa membantu mereduksi gejala-gejala efek samping bawaan kemoterapi ini pada penderita kanker darah. Diantaranya, yang pertama adalah Uncaria tormentosa atau yang disebut juga dengan Cakar Kucing. Tanaman ini merupakan adaptogen dan perangsang sistem imun yang sangat kuat, karena mampu meningkatkan kinerja sel darah putih dalam membersihkan kuman, sel-sel kanker, dan toksin yang dibawa oleh obat-obatan kemoterapi.

Tanaman herbal kedua adalah Codonopsis pilosula atau akar Dang Shen. Tanaman yang telah dikenal lama dalam dunia medis tradisional China ini dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dan sel darah merah dalam darah. Seringkali, beberapa obat-obatan suntik kemo mengakibatkan turunnya jumlah platelet, hemoglobin, atau sel darah putih, sehingga tanaman ini sangat menolong para pasien tersebut.

Ketiga adalah Pau D’Arco, kulit kayu dari sebuah pohon tertentu yang sudah lama diteliti sebagai agen anti-kanker. Baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa ternyata kulit kayu ini juga mempunyai fungsi sebagai anti-jamur, anti-bakteri, anti-mikroba, dan penguat sistem imun. Tentu saja, hal ini sungguh akan membantu para penderita leukimia, dimana tubuh mereka seringkali melemah dan rentan terhadap infeksi setelah menjalani kemoterapi.

Jika mau dieksplor dengan baik, alam sebenarnya merupakan sahabat terbaik kita kan, Ladies. Semoga bermanfaat!

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/ver)