Sukses

Beauty

Obat Darah Tinggi Dapat Menjadi Obat Kanker Darah?

Ladies, sebuah terobosan kembali dilakukan di dunia medis. Pada bulan Oktober 2013 lalu, medicalnewstoday meliris bahwa para ahli menemukan obat-obatan yang biasa digunakan dalam mengobati darah tinggi ternyata juga bisa digunakan menjadi obat kanker darah, lho.

Para peneliti dari Rumah Sakit Umum Massachusetts yang tergabung dengan Sekolah Medis Harvard mendeskripsikan bagaimana angiotensin inhibitor losartan, obat kelas umum untuk mengontrol tekanan darah tinggi, dapat meningkatkan aliran darah dan membantu meningkatkan keberhasilan obat-obatan kemoterapi. Angiotensin inhibitor tergolong aman dan telah digunakan selama berdekade-dekade pada pasien hipertensi.

Sebenarnya, aliran darah yang meningkat tanpa dibarengi dengan kemoterapi justru akan meningkatkan resiko akan penyebaran sel-sel kanker ke bagian-bagian tubuh yang lain. Namun, jika kelancaran aliran darah tersebut dibarengi dengan kemoterapi atau terapi anti-kanker lain seperti immunotherapy atau radiotherapy, penderita akan mendapatkan kesempatan lebih baik untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker tersebut.

Sejauh ini, pengobatan eksperimental ini masih diujicobakan pada tikus yang mengalami kanker. Namun, Pusat Kanker Rumah Sakit Umum Massachusetts kini sudah mulai mengadakan persiapan untuk mencoba keberhasilan perawatan ini kepada para pasien dengan bantuan dari institut Kanker Nasional Amerika.

Jika metode ini berhasil, maka pasien kanker bisa memperoleh angka harapan hidup yang lebih besar, Ladies. Lagipula, jika hal ini bisa sukses dikembangkan dengan perawatan selain kemoterapi, maka gangguan efek samping seperti infeksi, kerusakan sel sehat, dan semacamnya pun bisa lebih ditekan.

Oleh: Adienda dewi S.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading