Imbruvica, Obat Kanker Darah Terbaru Dapatkan Persetujuan FDA

Fimela18 Mar 2014, 14:02 WIB

Ladies, berita gembira datang dari dunia perawatan kanker darah baru-baru ini. Pada awal November lalu, sebuah obat kanker darah baru yang telah mendapatkan perhatian para dokter dan investor sukses mendapatkan persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA), lembaga penguji obat-obatan Amerika Serikat.

Dilansir dalam nytimes.com, obat yang disebut dengan Imbruvica ini disetujui sebagai perawatan bagi penderita tipe leukimia langka, yaitu mantle cell lymphoma. Namun, perusahaan yang mengembangkan obat ini, Pharmacyclics and Johnson & Johnson, juga sedang mengupayakan persetujuan FDA untuk menggunakan obat ini bagi penderita kanker darah yang lebih umum, yaitu leukimia lymphocytic kronis.

Kedua tipe kanker darah tersebut dikatakan sebagai penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan dan sering kambuh. Namun Imbruvica terbukti dapat mengalahkan penyakit tersebut dan efek tersebut bisa bertahan lama sehingga mencegah penyakit tersebut kambuh kembali.

Pemberian ijin untuk Imbruvica didasarkan pada keberhasilan percobaan tes klinis obat ini. Sebanyak 111 orang pasien leukimia yang mengalami kekambuhan setelah menjalani setidaknya satu terapi biasa sebelumnya. Kemudian, pemberian Imbruvica pada pasien-pasien tersebut membuktikan adanya penyusutan sel-sel kanker sebanyak 49% dan hilang total pada 17% pasien.

Efek samping dari Imbruvica adalah diare, infeksi, memar, serta penurunan jumlah platelet dalam tubuh dan sel darah putih pelawan kanker. Imbruvica adalah obat pertama yang dilegalkan pada golongan obat-obatan yang bekerja dengan menghambat perkembangan tirosin kinase Bruton. Tirosin kinase Bruton sendiri adalah protein yang berperan dalam perkembangbiakan sel-sel B, sel darah putih yang menjadi jahat pada sel-sel mantel lymphoma.

Semoga saja obat baru ini dapat mencerahkan hari-hari para penderita leukimia ya, Ladies.

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/ver)