Sukses

Beauty

Dua Obat Kanker Darah Baru Sukses Atasi Resistensi Obat Lama

Ladies, para dokter dan tenaga medis di bidang kanker sepertinya terus melakukan inovasi, ya. Tidak hanya berfokus pada perawatan pasien saja, namun mereka juga terus mengembangkan obat kanker darah yang lebih baik daripada generasi obat-obatan sebelumnya.

Salah satu masalah dalam perawatan leukimia adalah, terkadang tubuh pasien mengembangkan kekebalan pada beberapa obat-obatan tertentu, sehingga perawatan tidak bisa berlangsung dengan maksimal. Akan tetapi, dilansir dari nytimes.com, sebuah pusat kesehatan di San Diego telah menemukan dua jenis obat-obatan baru yang menunjukkan hasil yang kuat dalam menyembuhkan pasien yang telah menjadi kebal terhadap obat-obatan leukimia umum tersebut.

Obat yang menjadi permasalahan tersebut bernama Gleevec. Sebagian besar pasien leukimia akan menjadi resistan pada Gleevec setelah pemakaian jangka panjang atau lebih dari 40 bulan. Padahal, obat ini telah lama menjadi andalan para dokter karena kemampuannya untuk memperpanjang umur penderita dan bekerja langsung pada enzim menyimpang yang menyebabkan leukimia myeloid kronis.

Kedua jenis obat baru yang terbukti bisa menggantikan cara kerja Gleevec tersebut dikembangkan oleh perusahaan Bristol-Myers Squibb dan Novartis, dan diujicobakan secara klinis kepada para penderita. Dari 65 orang penderita leukimia myeloid kronis atau leukimia lymphocytic akut, obat dari Novartis memberikan hasil yang positif pada lebih dari 50% penderita.

Sedangkan obat dari Bristol yang bernama BMS-354825 diujicobakan pada 29 orang penderita leukimia, dan obat ini ternyata bisa mengembalikan jumlah sel darah putih ke angka normal pada hampir sebagian besar peserta uji coba. Itu artinya, obat ini bisa membantu sistem imun penderita melawan kanker dan memperpanjang kehidupannya, Ladies.

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading