Sukses

Beauty

Urine Berbuih, Ciri Penyakit Ginjal Yang Sering Terlewatkan

Apa yang anda pikirkan ketika air seni anda berbuih? Reaksi yang umum ketika kondisi air seni seseorang berubah adalah panik. Air seni yang berbuih bukanlah sesuatu yang tidak umum dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, hal ini terkadang merupakan indikasi adanya masalah dengan ginjal anda karena air seni yang berbuih juga merupakan salah satu ciri penyakit ginjal.

Ada beberapa hal wajar yang bisa membuat urine menjadi berbuih. Beberapa diantaranya adalah aliran urine yang cepat. Hal ini terjadi ketika kandung kemih penuh, sehingga ketika mengalir dengan cepat, air seni menjadi berbuih. Dalam hal ini buih akan cepat hilang seketika. Dehidrasi juga membuat urine menjadi lebih gelap dan berbuih. Dengan minum yang cukup, keseimbangan cairan dalam tubuh akan kembali dan masalah ini akan selesai dengan sendirinya.

Pada penderita penyakit ginjal, urine berbuih muncul karena ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik dan menyebabkan proteinuria. Proteinuria adalah kondisi ketika urine mengandung terlalu banyak protein. Sedikit protein yang terbuang bersama urine merupakan hal yang wajar, namun ketika protein terlalu banyak, urine menjadi berbuih. Kondisi ini merupakan indikasi awal bahwa ada yang salah dengan ginjal anda.

Jika urine anda berbuih disertai gejala lain seperti pembengkakan pada kaki, lelah, urine bercampur darah, mual, muntah dan rasa sakit pada punggung, ada baiknya anda memeriksakan diri lebih lanjut.

Oleh: Teylita A

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading