Sukses

Beauty

Urine Anda Bercampur Darah? Awas! Itu Ciri Penyakit Ginjal!

Anda pernah mengalamai Hematuria? Apa sih hematuria itu? Hematuria adalah kondisi dimana air seni atau urine seseorang mengandung darah. Nah, ketika anda mengalami hal ini, jangan panik dulu. Kandungan darah dalam seni tidak selalu berarti anda sedang sakit parah, karena orang normal juga bisa memiliki hematuria. Namun awas, hematuria juga salah satu ciri penyakit ginjal yang sering muncul.

Ada beberapa alasan mengapa air seni seseorang bisa bercampur dengan darah. Seperti yang dilansir di situs urologyhealth.org, antara 9 sampai 18 persen orang normal tanpa penyakit juga bisa memiliki hematuria. Namun, hematuria juga bisa jadi indikasi ada yang salah dengan ginjal anda.

Darah yang ada dalam urine tidak selalu bisa dilihat dengan mata telanjang. Terkadang hematuria hanya bisa dilihat dibawah mikroskop. Nah, jika anda bisa melihat urine anda yang bercampur darah, sudah saatnya anda segera mengunjungi dokter untuk diagnosis lebih lanjut. Hematuria bisa berasal dari oginjal, ureter, kandung kemih, prostat, atau urethra.

Kurang lebih 2,5 sampi 21 persen populasi memiliki hematuria. Ada banyak kasus dimana orang yang memiliki hematuria memang tidak mengidap penyakit apapun, namun hematuria bisa jadi merupakan indikasi batu ginjal atau kanker saluran kencing. Faktor penyebab penyakit ini sendiri antara lain adalah rokok, radiasi, penggunaan obat penghilang rasa sakit yang berlebihan, atau karena paparan bahan kimia.

Oleh: Teylita A

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading