Sukses

Beauty

Ciri Penyakit Ginjal Pada Alport Syndrome

Penyakit ginjal tidak hanya muncul karena gaya hidup yang tidak sehat. Alport Syndrome adalah salah satu penyakit yang menurun secara genetis. Penyakit ini pada umumnya mempengaruhi glomeruli, yaitu rumbai kecil pada ginjal yang berfungsi menyaring darah. Seperti apa sih ciri penyakit ginjal pada Alport Syndrome?

Ciri penyakit ginjal yang satu ini adalah munculnya darah dalam urine atau yang sering disebut dengan hematuria. Pria yang mengidap syndrome ini bisa jadi sudah mengalami hematuria sejak bayi dan selalu seperti itu hingga dewasa. Sedangkan pada wanita, hematuria tidak selalu muncul.

Hematuria pada penderita Alport Syndrome biasanya bersifat mikroskopik, yang artinya darah dalam urine hanya bisa dilihat dibawah mikroskop. Terkadang urine seseorang dengan Alport Syndrome akan berwarna kecoklatan, pink atau merah selama beberapa hari ketika ia flu. Ciri lain yang muncul selain hematuria adalah adanya protein dalam urine serta tingginya tekanan darah penderita.

Tanda-tanda Alport Syndrome tidak hanya berhenti di kerusakan ginjal saja, tapi juga telinga dan mata. Penderita Alport Syndrome akan kehilangan pendengaran mereka biasanya ketika mereka mencapai usia remaja. Namun untungnya hal ini masih bisa diatasi dengan menggunakan alat bantu pendengaran.

Tidak hanya telinga, mata juga mengalami perubahan pada penderita Alport Syndrome. Menurut situs kidney.org, sekitar 15% orang dengan Alport Syndrome memiliki kelainan bentuk lensa mata yang disebut anterior lenticonus. Orang dengan anterior lenticonus akan mengalami masalah dengan penglihatan mereka yang bisa jadi mengarah ke katarak.

Oleh: Teylita A

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading