Sukses

Beauty

Bahkan Anemia Juga Ciri Penyakit Ginjal

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah sehingga anda merasa lemah dan lelah. Anemia memang merupakan hal yang umum dan sering terjadi sehingga terkadang masyarakat hanya menganggap anemia sebagai kekurangan darah biasa. Namun anda tetap harus waspada karena salah satu ciri penyakit ginjal bisa berasal dari anemia.

Anemia memang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal seperti kurang zat besi, kurang beberapa vitamin, diet yang buruk, kehilangan terlalu banyak darah, atau karena penyakit yang mengganggu sistem imun seperti lupus atau penyakit pada darah seperti leukimia. Situs kidneyfind.org menyebutkan bahwa pada penderita penyakit ginjal, anemia bisa disebabkan karena kurangnya hormon erythropoietin atau EPO.

Sel darah merah dibuat didalam sumsum tulang. Ginjal yang sehat akan memproduksi EPO dan EPO akan memicu sumsung tulang untuk memproduksi sel darah merah. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, produksi EPO juga akan berkurang sehingga pembuatan sel darah merah juga ikut berkurang. Hal inilah yang kemudian memicu anemia.

Jika anda mengalami anemia yang disebabkan oleh sakit ginjal, dokter mungkin akan menyarankan anda untuk mendapat perawatan erythropoietin stimulating agent atau ESA. ESA adalah hormon EPO buatan yang bisa membantu sumsum tulang membroduksi sel darah merah. Tidak semua penderita anemia akan mendapatkan perawatan ESA. Hal ini tergantung dengan penyebab anemia itu sendiri.

Oleh: Teylita A

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading